by

Wabub Buka Sosialisasi SOP, SPM dan Kode Etik Permen-PAN-RB

Wabup Ronald Kandoli Saat Foto Bersama
Wabup Ronald Kandoli Saat Foto Bersama
MITRA– Wakil Bupati Minahasa Tenggara (Mitra), Ronald Kandoli, membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP), Standar Pelayanan Minimal (SPM) serta Zona Integritas di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mitra, dalam rangka peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat, yang bertempat di ruang serba guna Pemkab Mitra, Rabu (21/5).
Kegiatan yang dilangsungkan selama dua hari tersebut  (21/22/5), sebelumnya didahului dengan agenda pembacaan laporan kegiatan, oleh kepala bagian Ortal, David Lalandos AP, MM menyebutkan, kegiatan terdiri dari dua jenis yaitu soasialisasi dan simulasi. “Dengan tujuan memudahkan peserta dalam memahami mekanisme dan tata cara penyusunan SOP, SPM dan tak kalah penting yakni terkait kode etik PNS,” jelasnya.
Sementara, Wakil Bupati Ronald Kandoli ketika membuka kegiatan mengatakan, sosialisasi penyusunan SOP dan SPM memang harus dilaksanakan, sebab  sehubungan dengan keutuhan Pemkab Mitra akan tersedianya aparatur di setiap SKPD. “Yang mampu memahami cara penyusunan SOP dan SPM mulai dari proses identifikasi, perumusan, penyusunan bahkan sampai pada pengembangan dan evaluasi ,” terangnya.
Lanjut Wabup,”Sosialisasi ini sendiri  menjadi sarana strategis dalam meningkatkan kualitas SOP dan SPM sesuai dengan standar baku.Karena dengan  memahami  Implementasi SOP dan SPM yang tepat dan konsisten, dampaknya  akan beirimbas pada tatanan pemerintah yang lebih memperhatikan akan  kebutuhan public,”tandas Wabup.
 
“Terkait sosialisasi ini pula, Permen PAN-RB  lebih menegaskan terkait  kode etik melalui pakta integritas dan pembangunan zona integritas di lingkungan pemkab Mitra. Sehingga terjadi perubahan-perubahan yang positif bagi pelayanan publik, bahkan akan tercipta budaya  kerja dalam kebersamaan,” katanya, seraya mengatakan tentunya semua harus sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.
 
Kandoli meminta  agar seluruh SKPD dapat melaksanakan penyusunan SOP dan SPM sekaligus dapat melaksanakan pembangunan zona integritas, demi menuju wilayah bebas dari korupsi sebagai tindak lanjut penandatanganan dokumen pakta integritas itu sendiri.  “Dan kiranya ini ditindak lanjuti  di lingkungan instansi masing masing demi terwujudnya kabupaten  Minahasa Tenggara yang bersih, berintegritas dan bermartabat,” tegas  Kandoli.
Dalam Kegiatan ini hadir Kepala Biro Organisasi Setda Prov. Sulut Jimmy Ringkuangan,AP,Msi Sekda Mitra Ir BA Tinungki,MEng, Asisten I Drs Jotje Wawointana,  Asisten II dr Saul Arikalang,Mkes,  Asisten III Ir Elly Sangian, ME, Para staf Ahli, serta Kepala/Sekretris SKPD, Para kabag dan Camat Se-Mitra.(Jay)

Comment

Leave a Reply

News Feed