Wabup RD Buka Rangkaian HUT Proklamasi RI ke-75 di Minahasa

Minahasa – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, membuka secara resmi rangkaian kegiatan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Republik Indonesia (RI) ke -75 Di Kabupaten Minahasa, bertempat di Taman God Bless Minahasa Lapangan DR Sam Ratulangi Tondano, Jumat (07/08) pagi.

Kegiatan yang menerapkan protokol kesehatan ini diawali laporan Ketua Umum Harian DR Christian Vicky Tanor SPi MSi, yang juga Asisten III Bidang Administrasi Umum Seldakab Minahasa.

Dalam laporannya, Tanor menyampaikan rangkaian kegiatan HUT Proklamasi RI ke-75, dimana pada tanggal 14 Agustus adalah agenda mendengarkan pidato Presiden RI Ir Joko Widodo. 16 Agustus renungan suci, 17 Agustus pukul 08.00 WITA Upacara Bendera di Lapangan Manguni, dirangkaikan dengan remisi bagi narapidana Lapas Kelas IIb Tondano.

“Kemudian pukul 11.00 WITA detik detik Proklamasi secara virtual dan Pukul 17:00 WITA Upacara penurunan bendera di Lapangan Manguni,” pungkas Tanor yang kemudianp enyerahan bantuan sosial berupa bahan pokok dari Pemerintah Kabupaten Minahasa kepada veteran.

Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi dalam sambutan menyampaikan pembukaan rangkaian kegiatan Perayaan HUT Proklamasi RI ke-75 tahun ini memang sedikit berbeda dari tahun tahun sebelumnya, dikarenakan tahun ini Indonesia menghadapi pandemi COVID-19, tak terkecuali Kabupaten Minahasa.

“Adanya COVID-19 ini mewajibkan kita semua untuk tetap waspada dan menerapkan protokol kesehatan. Bulan Agustus merupakan bulan bersejarah, bulan dimana Indonesia merdeka. Kita merayakan dengan cara sedikit berbeda namun tidak mengurangi khidmat nya,” kata RD.

Lanjut kata Wabup, bulan Agustus ini juga masih merupakan bulan Pengucapan Syukur bagi tanah Minahasa, yang dirangkaikan dengan HUT ke-75 RI. Berkaitan dengan itu, RD menyampaikan bahwa, untuk menyemarakkan peringatan HUT Proklamasi RI tentunya diharapkan kerja sama Aparatur Sipil Negara dan masyarakat yang ada di Kabupaten Minahasa, untuk dapat lagi meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air tercinta ini.

“Pelaksanaan kegiatan pagi ini sekaligus dimulainya rangkaian kegiatan sampai pada acara puncak tanggal 17 Agustus nanti, dimana seluruh masyarakat Indonesia diharapkan dapat menghentikan sejenak seluruh aktivitas pada saat dikumandangkan lagu Indonesia Raya pukul 11:17 wita s/d 11:20 wita,” tukasnya.

“Kita sebagai ASN tentunya harus menjadi contoh dan teladan dalam penerapan protokol kesehatan, termasuk dalam memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tetap disiplin dalam penerapan protokol kesehatan. Kunci keberhasilan penanganan COVID-19 adalah disiplin dari seluruh masyarakat, pandemi ini bukan merupakan alasan untuk tidak memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, karena itu saya mintakan kepada seluruh jajaran untuk tetap mengedepankan kepuasan masyarakat dalam pelayanan publik,” pungkasnya.

Sementara, pembukaan rangkaian kegiatan perayaan HUT Proklamasi RI ke-75 ini ditandai dengan pelepasan Burung Merpati dan penanaman pohon.

Kegiatan ini dihadiri Kapolres Minahasa AKBP M Denny I Situmorang SIK, Dandim 1302 Minahasa Letnan Kolonel Inf Herbeth Amino Sinaga SIP, Kepala Kejari Tondano Rahmat Budiman Taufani SH MKn, Sekretaris Daerah Minahasa Frits R Muntu SSos, Wakil Ketua TP PKK Minahasa Marthina Dondokambey Lengkong SE, Kepala Cabang Bank SulutGo Tondano Erwin Kuhon dan jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa.(fernando lumanauw)

Leave a Reply