by

Wabup RD Irup Hari Pahlawan di Minahasa, Ini Yang Diamanatkan

Minahasa – Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) memperingati Hari Pahlawan, yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Sabtu 10 November 2018, bertempa di halaman Kantor Bupati, Tondano.

Wabub RD saat membacakan amanat Menteri Sosial Repoblik Indonesia mengatakan, 10 November selalu diperingati sebagai Hari Pahlawan, untuk mengenang peristiwa pertempuran di Surabaya, 73 tahun silam, yang merupakan perang fisik pertama setelah bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya.

“Bulan November ingatan kolektif bangsa akan tertuju pada keberanian, semangat pantang menyerah serta pengorbanan tanpa pamrih para Pahlawan yang telah gugur mendahului kita, para syuhada bangsa tersebut telah mewariskan Negera Kesatuan Republik Indonesia yang berdiri kokoh sampai saat ini dan untuk selamanya,” kata Wabup RD.

Dikatakan RD, Hari Pahlawan tahun 2018 yang diberi “Semangat Pahlawan di Dadaku” ini, mengandung makna dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan. Oleh karenanya, siapapun dapat menjadi Pahlawan, setiap warga negara Indonesia tanpa terkecuali, dapat berinisiatif, dapat mengabdikan diri untuk lingkungan sekitar dan bagi bangsa dan negara.

“Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan ini, saya mengajak marilah kita berbuat yang terbaik bagi bangsa ini. Mari berkontribusi bagi kemajuan bangsa. Mulai dari lingkungan terdekat yang pada akhirnya memberikan kekuatan dan ketahanan bagi bangsa dan negara,” kata RD sembari menyampaikan Selamat Hari Pahlawan.

“Selamat Hari Pahlawan tahun 2018, kobarkan terus semangat Pahlawan di dada, torehkan prestasi yang membawa harum nama bangsa dan negara. Jaga selalu persatuan dan kesatuan dalam jalinan toleransi dan kesetiakawanan sosial, semoga semangat pahlawan senantiasa mewarnai setiap langkah kita,” pungkasnya.

Usai Upacara Bendera, Wabup RD kemudian menyerahan Piala Pemenang Juara Memancing Ikan dalam Festival Danau Tondano. Juara I diraih Refly Mandolang, asal Kelurahan Ranowangko Kecamatan Tondano Timur. Juara II diraih Marlon Kusen asal Kelurahan Papakelan Kecamatan Tondano Timur, Juara III atas nama Roli Koli asal Kelurahan Katingolan Kecamatan Tondano Timur.

Sedangkan, untuk Juara Lomba Musik Kolintang antar Pelajar dalam acara Festival Danau Tondano, Juara I diraih SMA N 3 Tondano, Juara II Maesaan SMK Kristen 1 Tomohon dan Juara III SMP Frater Don Bosko Manado. Untuk kategori Umum, Juara 1 Rajawali Winangun, Juara 2 Kendis ne Talawaan dan Juara 3 De Bosco Manado.

Turut hadir dalam upacara ini, Sekretaris Daerah Minahasa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, Forkopimda Minahasa, para Asisten, para Pejabat Pemkab Minahasa, unsur TNI dan Polri dan seluruh Aparatur Sipil Negara di wilayah Tondano.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed