Wabup RD Sebut Masih Diskriminasi Gender Masih Terdapat Dimana-mana

Minahasa – Wakil Bupati Minahasa Robby Donokambey SSi (RD) menyebut bahwa sampai saat ini masih ada diakriminasi dalam penyetaraan gender. Hal ini dikatakan RD saat membuka kegiatan sosialisasi Kesetaraan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak di Kabupaten Minahasa, Selasa (05/03) pagi, bertempat di ruang sidang Kantor Bupati, Tondano.

Dikatakan Wabup, diskriminasi berdasarkan gender dan pelanggaran terhadap hak perempuan dan anak masih terjadi sampai saat ini pada seluruh aspek kehidupan di dunia. Menurutnya, ini adalah fakta meskipun ada kemajuan yang cukup pesat dalam kesetaraan gender dan upaya pemberdayaan perempuan dan perlindungan terhadap anak.

“Kesetaraan gender akan memperkuat kemampuan negara untuk berkembang dan mengurangi kemiskinan. Dengan demikian, mempromosikan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak adalah bagian utama dari strategi pembangunan dalam rangka untuk memberdayakan masyarakat baik perempuan dan laki-laki untuk mengentaskan diri dari kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup,” kata Wabup.

Lanjut dikatakannya, berbagai kebijakan telah ditetapkan pemerintah untuk mendorong peningkatan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, baik dipusat maupun di daerah-daerah, termasuk di Minahasa, baik melalui instansi terkait, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK), Dharma Wanita, maupun oleh organisasi kemasyarakatan lainnya, termasuk didalamnya Bhayangkari, Persit dan Organisasi Keagamaan yang tentunya sudah memiliki program sendiri yang telah dirancang untuk peningkatan kualitas hidup perempuan dan anak.

“Melalui kegiatan diberharapkan mampu memberikan dampak positif dalam peningkatan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dikabupaten Minahasa,” kata RD.

“Diucapkan terima kasih kepada para narasumber yang telah bersedia membagi ilmu dengan para peserta sosialisasi. Kiranya kegiatan ini juga mampu membangun sinergitas antara seluruh instansi terkait termasuk Forkopimda, organisasi kemasyarakatan dan pemerhati perempuan dan anak dalam rangka sinkronisasi program dan kegiatan,” pungkasnya.

Sementara, pada kegiatan ini Ketua TP-PKK Kabupaten Minahasa Dra Fenny C M Roring Lumanauw SIP sebagai narasumber memberikan materi tentang peranan TP-PKK dalam program perlindungan dan pemenuhan hak anak di Kabupaten Minahasa. Wakil Ketua TP-PKK Minahasa Martina Dondokambey Lengkong juga sebagai narasumber memberikan nateri tentang upaya TP-PKK dalam mendorong kesetaraan gender di Kabupaten Minahasa, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Minahasa sebagai narasumber memberikan materi tentang perlindungan anak dari kekerasan.

Acara ini turut dihadiri Ketua Dharma Wanita Persatuan Minahasa Seeve Korengkeng-Warouw, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Dr Denny Mangala MSi, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Ny Dayu Slamet Raharjo, Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat dan Trantibumlinmas Setdakab Minahasa Katrina Maith SPd, pengurus dan anggota TP-PKK, pengurus dan anggota DWP, Pengurus dan anggota Persit Kodim 1302 Minahasa, pengurus dan anggota Bhayangkari Polres Minahasa, unsur masyarakat, serta seluruh ASN perempuan Pemkab Minahasa.(fernando lumanauw)

Leave a Reply