Wakil Ketua DPD RI Gusti Kanjeng Ratu Hemas Kunjungi Jaton

Minahasa – Dalam rangka melihat dari dekat kebudayaan dan kerukunan antar umat beragama yang ada di Kabupaten Minahasa, Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah Repoblik Indonesia (DPD-RI), Gusti Kanjeng Ratu Hemas, berkunjung ke Kelurahan Kampung Jawa Tondano (Jaton), Kecamatan Tondano Utara, Senin (23/11), berlokasi di Masjid Al-Fallah Kyai Mojo.

Dalam kesempatan ini, Gusti Kanjeng Ratu Hemas ini memuji kerukunan umat beragama di Sulawesi Utara, khususnya di Minahasa ini, yang cukup kuat sehingga menjadi modal kekuatan persatuan bagi bangsa Indonesia.

“Kerukunan antar umat beragama di Minahasa ini sangat kental dan patut diapresasi. Untuk itu hal ini juga perlu dijaga agar tetap berlanjut dan menjadi contoh bagi daerah-daerah lain yang ada di Indonesia,” tukasnya.

Dikatakannya, kekuatan bangsa adalah kekuatan dari masyarakat yang hidup saling berdampingan dan saling menopang sehingga tak mudah dipengaruhi dengan gejolak di bangsa lain.

“Ini kekuatan kita. Mari kita terus jaga kondusifitas di Minahasa ini agar terus berjalan baik,” ujarnya.

Selain itu, Gusti Kanjeng Ratu Hemas juga berpesan kepada masyarakat Minahasa agar waspada dengan pendatang asing yang bertujuan memprovokasi dan menciptakan huru-hara.

“Jaga daerah kita dari pendatang yang tidak jelas yang tujuannya hanya untuk memprovokasi, jangan sampai terlena dengan kerukunan yang ada saat ini yang akhirnya dimanfaatkan secara negatif oleh orang asing,” pesan Gusti Kanjeng Ratu Hemas, yang kala itu juga melakukan dialog atau tanya jawab dengan masyarakat Jaton dan sekitarnya yang hadir saat itu.

Sementara, kehadiran Gusti Kanjeng Ratu Hemas di Jaton ini sendiri disambut oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat di Jaton, bersama Lurah Jaton, Hj Sumer dan Kepala Imam Masjid serta Ketua Kerukunan Keluarga Jaton Sulut, Sukirman Haji Jafar.(fernando lumanauw)

Leave a Reply