by

Wakili Gubernur, Wagub Kandouw Terima Penghargaan Pembina HAM Terbaik dari Menkumham

Manado – Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia ke-69 Tahun 2017 menjadi kado istimewa bagi Povinsi Sulawesi Utara. Pasalnya, Gubernur Olly Dondokambey SE yang diwakili Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw, menerima penghargaan Provinsi Pembina HAM terbaik yang diserahkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Yasonna H Laoly di Hotel The Sunnan, Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/12/2017) pagi.

Peghargaan itu diberikan ke Sulut karena Gubernur Olly dinilai berhasil melaksanakan pembinaan HAM di kabupaten dan kota. Bahkan berdasarkan prosentase ada 11 kabupaten dan kota di Sulut yang berhasil mewujudkan perlindungan HAM kepada masyarakat. Adapun peringatan Hari HAM Sedunia tahun ini mengangkat tema Kerja Bersama, Peduli Hak Asasi Manusia untuk Indonesia maju sejahtera.

Sebelumnya, acara itu dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo dan turut dihadiri Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik. Dalam sambutannya Presiden menekankan pentingnya pembinaan HAM dalam berbagai aspek, antara lain penerapan prinsip HAM dengan memperhatikan hak sipil, hak sosial, ekonomi dan hak politik masyarakat.

“Kebijakan yang baik bukanlah seberapa banyak yang dilakukan oleh Pemerintah, melainkan seberapa banyak manfaat yg dirasakan oleh masyarakat, terutama masyarakat bawah,” katanya.

Oleh karena itu, Presiden mengharapkan para pemangku kepentingan yaitu Pemerintah, Swasta bahkan pengusaha untuk meningkatkan pelayanan masyarakat, memberikan pelayanan publik yang baik, bidang pendidikan, kesehatan dan bidang yang berkaitan langsung dengan hak dasar masyarakat dengan memperhatikan prinsip-prinsip pembinaan hak asasi manusia.

Selanjutnya, Wagub Kandouw juga menyempatkan diri meninjau stand pameran didampingi Kepala BP2RD Olvie Atteng, Kepala Dinas Penanaman Modal Sulawesi Utara Ir Happy Joy Korah dan Kepala Biro Hukum Glady Kawatu.

Comment

Leave a Reply

News Feed