Wakili Minahasa dan Sulut, Kanonang Satu Dicanangkan Sebagai “Kampung Tangguh Nusantara”

Minahasa – Desa Kanonang Satu Kecamatan Kawangkoan Barat kembali mendapat keistimewaan dari Desa-desa lain di Kabupaten Minahasa bahkan di Sulawesi Utara (Sulut). Setelah sebelumnya dicanangkan sebagai “Kampung Mapalus Mantap COVID-19” oleh Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi beberapa waktu lalu, Kanonang Satu kini dicangkan lagi sebagai “Kampung Tangguh Nasional” mewakili Kepolisian Daerah (Polda) Sulut, oleh Kepala Keplisian Repoblik Indonesia Jenderal Polisi Drs Idham Azis MSi, melalui video conference, Kamis (09/07) pagi.

Kegiatan pencanangan yang mengambil tema “Masyarakat Produktif Wujudkan Ketahanan Pangan” ini, dihadiri langsung Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven O E Kandouw serta Kapolda Sulut Irjen Pol Drs Royke Lumowa MM.

Tak hanya itu, kegiatan yang dilaksanakan dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19 ini, diawali dengan teleconference bersama Kapolri dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto untuk pencanangan Kampung Tangguh Nusantara di seluruh Indonesia.

Bupati ROR selaku tuan rumah dalam prakata menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut dibawah pemerintahan ODSK, juga Kapolda Sulut Royke Lumowa, karena telah memilih Desa Kanonang Satu yang ada di Kabupaten Minahasa, sebagai perwakilan dari Sulut untuk dicanangkan sebagai Kampung Tangguh Nusantara.

“Semoga dengan dicanangkannya Kanonang Satu sebagai Kampung Tangguh Nusantara, bisa menjadi contoh bagi Desa-desa yang lain untuk selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19, kuat dalam ketahanan pangan dan mengajak masyarakat untuk tetap berproduksi, berkolaborasi dengan semua elemen yang ada agar terciptanya keamanan dan kenyamanan bersama,” kata Bupati sembari juga mengajak masyarakat agar terus menopang semua program Pemprov Sulut.

Gubernur OD juga menyampaikan selamat kepada Desa Kanonang Satu yang telah dicanangkan sebagai Kampung Tangguh Nusantara. “Kiranya kita semua, seluruh komponen masyarakat, agar terus menerapkan protokol kesehatan COVID-19, bekerja dengan giat, dan tidak pantang menyerah,” kata Gubernur.

Pada kegiatan ini juga dilakukan penyerahan bantuan sosial dan Alat Pelindung Diri secara simbolis dan Gubernur dan Forkopimda Sulut, kepada perwakilan penerima.

Pencanangan ini sendiri kemudian ditandai dengan pemukulan tetengkoren bersama Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati ROR dan seluruh Forkopimda Sulut yang hadir, dilanjutkan dengan peninjauan Lokasi Kebun Tangguh COVID-19 dan penanaman bibit kacang.

Acara ini turut dihadiri, Pangdam XIII Merdeka Mayjen TNI Santos Gunawan Matondang SIP MM, Ketua Pengadilan Tinggi Manado Haji Arif Supratman SH MH, Komandan Lantamal VIII Brigjen TNI Marinir Donar Philip Rompas, Kolonel Penerbang Abram R A Tumanduk, mewakili Kajati Sulut Ass Intel Stenly Bukara SH MH, Asren Koops AU III Kolonel Penerbang Johny Sumariana, Danrem 131 Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong SH, Ketua FKUB Minahasa Pdt Evert Tangel STh MPdk, Kapolres Minahasa AKBP Denny Situmorang SIK, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo SSos MSi, Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST Iko Sudjatmiko SH MH, Sekretaris Daerah Minahasa Frits R Muntu SSos, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdakab Minahasa Dr Denny Mangala MSi, serta jajaran Pemerintah Kabupaten Minahasa, Kumtua Desa Kanonang Satu Lucky Kasenda SE dan Pemerintah Desa se Kecamatan Kanonang Barat.(advetorial)

Leave a Reply