Walikota JFE Hadiri Rakornas Pengendalian Inflasi 2019

Tomohon – Beberapa waktu lalu digelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi 2019 dilaksanakan Kamis 24 Juli 2019 di Hotel Sahid Jaya Jakarta.

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak hadir dalam kegiatan ini bersama Asisten Kesejahteraan Rakyat dan Kabag Ekonomi & Pem bangunan Vonnie Montolalu SPd.

Walikota dalam rilisnya kepada wartawan mengatakan keikutsertaan pada rakor pengendalian inflasi adalah bentuk Sinergitas dalam menjaga kestabilan ekonomi daerah yang selalu mengacu pada perekonomian nasional. Oleh karena itu peran masing-masing kepala daerah sangat penting & strategis melalui topangan masyarakatnya.

Rakornas dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla. Acara ini diselenggarakan bersama Bank Indonesia, Kemenko Perekonomian, Kementerian Dalam Negeri, dan Kementerian Keuangan, dengan tema ‘Sinergi dan Inovasi Pengendalian Inflasi untuk Penguatan Ekonomi yang Inklusif’.

Tema tersebut diangkat dengan mempertimbangkan arah kebijakan pemerintah dan selaras mendukung upaya pencapaian sasaran inflasi nasional. Rapat dipimpin langsung oleh Jusuf Kalla didampingi Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan menteri kabinet terkait.

Sambutan Wapres JK  mengingatkan pentingnya menjaga inflasi agar terjadi keseimbangan ekonomi. Ia mengibaratkannya dengan tekanan darah.

“Inflasi itu seperti tekanan darah. Kalau tinggi kita bisa pingsan. Kalau tinggi, ekonomi bisa ambruk. Untuk beli roti saja mungkin bawa segepok uang. Tapi kalau inflasi rendah atau deflasi kita juga pusing, bisa pingsan juga. Jadi kalau tekanan darah yang baik itu di tengah-tengah,” kata JK.

Dalam pengendalian inflasi, JK juga mengatakan perlunya memperkuat sinergi kebijakan, meningkatkan ketersediaan pasokan, dan menjaga kelancaran distribusi pangan. Untuk itu dia menekankan agar kepala daerah bisa menjaga keseimbangan inflasi dengan bersinergi.

“Bapak-bapak gubernur, bupati, Walikota jaga harmoninya ini. Karena untuk menjaga, dibutuhkan sinergi,” pinta JK.

Hadir dalam acara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution melaporkan kualitas penurunan inflasi dan juga stabilitas inflasi dalam 4 tahun terakhir masih di atas 3%. Per Juni 2019 inflasi berada angka 3,28% yoy. Pencapaian tersebut masih di rentang sasaran nasional.(mar)

Leave a Reply