Walikota Tomohon Dampingi Jero Wacik Resmikan PLTP Lahendong

Tomohon – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jero Wacik meresmikan PLTP Lahendong Kota Tomohon, Kamis (07/03). Peresmian PLP Tomohon ini merupakan bagian dari peresmian tujuh proyek pembangkit listrik lainnya di Sulawesi.

Dalam peresmian itu Wali Kota Tomohon Jimmy Eman SE Ak hadir dan mendampingi Menteri ESDM yang datang bersama rombongan dari Jakarta serta rombongan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut yang dipimpin Wagub Djouhari Kansil. 

Eman dihadapan Menteri dalam sambutannya begitu berterima kasih atas kedatangan Menteri ESDM dan rombongan ke Kota Tomohon.

“Inilah Kota Tomohon yang sejuk dan warganya ramah, dan Tomohon bersama dengan PLN Kota Tomohon terus mensosialisasikan mengenai listrik pintar. Sehingga tak heran Tomohon terpilih sebagai kota pertama di Indonesia sebagai kota listrik pintar,” terang Eman.

Menteri ESDM, Jero Wacik dalam sambutannya mengatakan, peresmian proyek pembangkit listrik yang ada di Indonesia dilakukan pertama di Sulut terhadap proyek lainnya yang ada tujuh untuk Sulawesi.

“Kita terus mendorong dan mencari energi baru dan terbaru. Kota Tomohon ada pembangkit listrik panas bumi, karena dimana ada gunung berapi, maka dibawah tanah ada magma, dan disitu akan mengeluarkan panas yang disebut dengan geothermal. Sehingga energi panas bumi ini yang adalah berkah dari Tuhan harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya,” kata Jero Wacik sembari menyatakan saat ini ada 56 geothermal yang telah mendapat ijin resmi di Indonesia.

Leave a Reply