Wawali SAS Buka Workshop SIMDA Integrated Perencanaan Tahunan

Tomohon – Pemkot Tomohon diwakili Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan (SAS) Buka Workshop SIMDA Integrated Perencanaan Tahunan di Hotel Villa Emita, Rabu (05/02/2020).

Sambutan Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA dibacakan Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan mengatakan
E-planning atau sistem informasi perencanaan memfasilitasi Bapelitbang dan perangkat daerah dalam penyusunan program kerja, sehingga perencanaan pembangunan dapat berjalan efektif, efisien dan terintegrasi.

“E-planning adalah sebuah alat yang dapat mengintegrasikan penyusunan RPJMD, RKPD, KUA/PPAS, KUA/PPAS Perubahan, RKPD Perubahan Kota Tomohon agar dapat terselesaikan dengan mudah, cepat, tepat dan sesuai dengan amanat Permendagri no. 86 tahun 2017,” kata SAS.

Sementara e-budgeting adalah bentuk akuntabilitas juga transparansi dari pemerintah daerah terkait pengelolaan keuangan. E-planning dan e-budgeting merupakan bagian dari upaya sinkronisasi antara kebijakan dan program daerah dengan kebijakan dan program nasional.

“Tujuannya agar terjadi sinergitas antara perekonomian daerah dan nasional, pengelolaan keuangan daerah yang transparan dan akuntabel,” tandas SAS.

Dihadiri oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Tomohon Ir Enos Pontororing MSi, Kepala Bapelitbangda Kota Tomohon Drs Daniel Pontonuwu, beserta jajaran pemerintah Kota Tomohon lainnya. Peserta berasal dari setiap Perangkat Daerah yakni para Kasubag Perencanaan dan Operator.

Narasumber Koordinator Pengawasan BPKP Provinsi Sulut Mardiyanto Arif Rakhmadi, Fasilitator BPKP Provinsi Sulut Yoanes Tukijan dan Harkita Sinaga.
(mar)

Leave a Reply