by

Wawali Tomohon Terus Lowong, Fungsi Pengawasan Mandek

Jimmy Eman
Jimmy Eman

Tomohon – Jabatan Wakil Walikota (Wawali) Tomohon terus dibiarkan kosong. Ketua DPD Golkar Kota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak sampai saat ini belum juga mengajukan dua nama ke DPRD Kota Tomohon untuk selanjutnya dipilih. Padahal proses pengajuan Wawali ini sudah berlangsung lama. Bahkan sudah melewati masa pengajuan sesuai Undang-Undang.

“Jimmy Eman seharusnya berpikir arif dengan segera menunjuk dua nama. Jangan terus dibiarkan lowong. Hal ini bisa menunjukkan opini jika Eman sengaja melakukan hal ini agar pemerintahannya tak diawasi Wawali,” kata salah satu aktivis Kota Tomohon, Danny “Kobis” Tular.

Menurutnya selain fungsi pengawasan, jalannya pemerintahan di Kota Tomohon berjalan pincang.

“Seperti  terjadi waktu yang lalu ada kunjungan dari pemerintah Kabupaten Sorong Selatan, hanya diterima oleh Assisten Satu dan sejumlah Kepala Bagian di Setdakkot Tomohon karna Walikota Jimmy Eman sedang ke luar daerah. Nah, ini kan cukup memalukan karena terkesan pemerintahan berjalan pincang. Wawali yang seharusnya melakukan tugas itu jika Walikota berhalangan,” tukas Tular.

Terpisah, Legislator DPRD Kota Tomohon dari PDI-P, Johanis Willar malah menyebut akan menggunakan hak interpelasi kepada Eman terkait pengisian Wawali ini.

“Dia (Eman-red) jangan selalu menyebut pengisian Wawali ditentukan oleh DPP. Ia sebenarnya yang berhak menentukan. Fraksi PDI-P sedang membicarakan hak interpelasi,” tegas Willar.

Eman sendiri saat dikonfirmasi selalu mengelak jika ditanya mengenai posisi Wawali.

“Ya nanti akan kami bicarakan,” singkat Eman. (maria wolajan)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

News Feed