Wisata Sulut Bukan Hanya Bunaken

Manado – Bunaken diakui masih menjadi primadoma pariwisata daerah Sulawesi Utara. Namun, di balik kemasyuran Bunaken, daerah Sulut menyimpan segudang objek wisata potensial.

“Pariwisata Sulut bukan hanya Bunaken, banyak potensi wisata potensial yang belum dieksplorasi,” ujar Gubernur Sulut DR SH Sarundajang dalam sambutannya saat membuka Workshop penyusunan desain strategis dan rencana aksi (DSRA) Destination Management Organization (DMO) Bunaken di hotel Plaza Manado,l Jumat (12/7). 

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Utara.

Gubernur meminta agar seluruh stakeholders pariwisata dapat saling menopang dan bekerjasama dalam mengembangkan kepariwisataan di daerah Sulut.

“Muara dari pariwisata itu sendiri adalah ekonomi, oleh karena itu pengembangam sektor pariwisata harus mempunyai multiplier effect yakni bagaimana mengangkat perekonomian masyarakat,” imbuhnya.

Hadir dalam workshop tersebut kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sulut Suprianda Ruru SH LLM, mewakili dirjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Perekraf RI Hari Ristanto, fasilitator DMO Bunaken Prof Winda Mingkid, para kepala dinas pariwisata kota dan kabupaten se-Sulut, serta para stakeholders pariwisata daerah ini.

Hari Ristanto dalam sambutannya mewakili Dirjen menyampaikan dukungan terhadap langkah-langkah gubernur dalam pengembangan kepariwisataan di daerah ini serta memberikan kepercayaan provinsi Sulut sebagai tuan rumah penyelenggaraan pertemuan DMO seluruh Indonesia pada September tahun ini.

Leave a Reply