by

Hadiri Kegiatan BPIP di Kota Bitung, Gubernur Olly Minta Generasi Z dan Milenial Amalkan Nilai-nilai Pancasila

Manado – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Prof. Dr. (Hc) Olly Dondokambey SE, mengikuti pembukaan Deklarasi Jaringan Milenial dan Gen Z Pancasila,dan Simposium Nasional Pancasila Sebagai Weltanschauung yang digelar Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP)

di GOR Dua Sudara Kota Bitung, Selasa (14/11/2023).

Deklarasi ini dipimpin langsung oleh Kepala BPIP Prof. Drs. KH. Yudian Wahyudi, MA.

Gubernur Olly mengucapkan selamat datang pada Kepala BPIP Prof. Yudian Wahyudi, beserta segenap jajaran di Sulawesi Utara.

“Semoga kehadiran BPIP di Sulut, akan menambah spirit dan komitmen kuat untuk terus mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat, khususnya pemantapan bagi generasi Milenial dan Gen Z di daerah kami,” ujar Gubernur Olly.

Menurut Gubernur Olly, keterlibatan aktif Milenial dan Gen Z dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, ekonomi, hingga kebijakan publik, akan membentuk dasar yang kokoh bagi pembangunan berkelanjutan di Sulawesi Utara.

“Apalagi Milenial dan Gen Z saat ini, merupakan bagian dari bonus demografi Indonesia, yang harus dipersiapkan secara matang menuju Indonesia Emas 2045,” terang Gubernur Olly.

Lanjut Gubernur Olly, pelaksanaan deklarasi ini, merupakan panggilan bagi enerasi muda untuk bersatu, berkolaborasi, dan menghadapi tantangan bersama.

“Saya berharap bahwa seluruh peserta dapat mendapatkan wawasan yang mendalam tentang bagaimana Pancasila menjadi landasan bagi perkembangan masyarakat Sulawesi Utara,” ungkap Gubernur Olly.

“Saya berkomitmen untuk mendukung segala upaya yang bertujuan memajukan generasi muda dan memperkuat nilai-nilai kebangsaan,” tambahnya lagi.

Lebih jauh Gubernur Olly, mendorong penerapan kebijakan yang mendukung pendidikan berkualitas.

“Hingga peluang kerja bagi para pemuda, dan pembentukan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan potensi anak-anak muda,” pungkas Gubernur Olly.

Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar,S.E menyampaikan selaku Pemerintah Kota Bitung menyambut baik pelaksanaan deklarasi Jaringan Milenial Gen Z Pancasila Bagi Siswa SMA/SMK Sederajat dan mahasiswa.

“Awalnya memang kami pemerintah Kota Bitung yang mengusulkan kegiatan ini untuk dilaksanakan di Kota Bitung dan disambut baik oleh BPIP RI Sehingga terselenggaranya kegiatan ini. Kami berpendapat bahwa kegiatan ini sangat penting untuk membawa kesadaran dan pemahaman tentang Pancasila kepada generasi muda penerus bangsa,” jelas Wawali Honandar.

“Kami sangat menunjang kegiatan seperti ini di kota Bitung, apalagi kegiatan ini menjadi momentum bersejarah bahwa deklarasi Jaringan Milenial Gen Z Pancasila diawali dari Kota Bitung atau bisa di bilang dari timur untuk Indonesia,kami mendorong hal ini menjadi pintu agar kegiatan serupa akan selalu dilaksanakan di seluruh penjuru tanah air dalam rangka meningkatkan partisipasi aktif kaum Milenial Gen Z untuk membangun masa depan yang kuat dan berkeadilan bagi bangsa ini sesuai dengan semangat Pancasila,” tutupnya.

Hadir pada kegiatan ini Dewan Pengarah BPIP RI Muhammad Amin Abdullah, Deputi Bidang Pengkajian dan Materi BPIP RI Surahno ,SH,M.Hum, para Direktur BPIP RI beserta jajarannya, Sekprov Sulut Steve Kepel, Kepala Dinas Kehutanan Sulut Jemmy Ringkuangan AP.M.SI, Sekkot Bitung Ir.Ign Rudy Theno,M.T, unsur Forkopimda Kota Bitung atau yang mewakili, pemuka Agama dan Tokoh Masyarakat, Perwakilan Mahasiswa dari Universitas dan Sekolah Tinggi se-Sulut.

Comment

Leave a Reply

News Feed