by

Bawaslu Kawal Hak Pilih Warga Pesisir dan Kepulauan di Minut

Minut – Masyarakat pesisir dan kepulauan sangat rentan kehilangan hak pilih dalam setiap pesta demokrasi.

Olehnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) gencar melakukan sosialisasi agar masyarakat dapat ikut mengawasi tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) yang tengah dilakukan Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP).

“Tugas Bawaslu adalah menjaga hak pilih bapak ibu semua. Tapi kami butuh bantuan masyarakat dalam melakukan tugas-tugas pengawasan,” ujar Komisioner Bawaslu Sulut Kenly Poluan dalam sosialisasi tahapan coklit Pemuktahiran Daftar Pemilihan Gubernur dan Wakil serta Bupati dan Wakil Bupati Minut Masyarakat Pesisir dan Kepulauan di Minut di Desa Kinabuhutan Kecamatan Likbar, Rabu (5/8/2020).

Di sisi lain, Kenly juga ikut mengedukasi masyarakat terkait money politic yang masih terjadi.

“Masyarakat perlu tahu bahwa memberi dan menerima uang pada pelaksanaan Pilkada itu merupakan pidana. Jika masyarakat menemukan masalah-masalah, segera laporkan ke Bawaslu,” tegas Poluan didampingi Komisioner Bawaslu Minut Rahman Ismail.

Selain ke Kinabuhutan, rombongan Kenly Poluan dan jajaran, menyambangi Desa Tambun Kecamatan Likbar.

Di Tambun, Bawaslu mengawasi tahapan coklit yang dilakukan PPDP didampingi Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) Likbar.

Sementara itu, Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Minut Rahman Ismail mengajak seluruh masyarakat agar terlibat dalam pesta demokrasi ini.

“Walau dalam suasana pandemi Covid-19, namun harus tetap semangat mengikuti Pilkada,” ajak Rahman.

Sementara itu Hukum tua (Kumtua) Desa Kinabuhutan Sumarno Malawat menyambut baik sosialisasi yang dilaksanakan Bawaslu Minut.

“Semoga dengan materi yang sudah diberikan, dapat menjadi pedoman yang baik bagi masyarakat, sehingga dapat menyelesaikan berbagai permasalahan di desa kami,” harap Malawat.

Comment

Leave a Reply

News Feed