by

DAK Capai Rp 189 Miliar, 90 Persen Jalan di Minahasa Dipastikan Rampung Tahun Depan

Minahasa – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Minahasa memastikan bila jalan milik Kabupaten Minahasa, tahun 2015 nanti 90 persen atau lebih, bisa rampung diperbaiki.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas PU Minahasa, Ir Jhon Kussoy MT, kepada Cybersulutnews.co.id, Jumat (13/11).

Menurutnya, pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Minahasa ini akan berjalan maksimal dengan besarnya Dana Alokasi Khusus (DAK) dari APBN 2016 yang akan masuk di Minahasa.

“Sekitar Rp 189 Miliar dana DAK khusus pembangunan infrastruktur akan masuk di Minahasa, sehingga dipastikan jalan-jalan di Minahasa bisa setidaknya 90 persen rampung. Ini tentu sangat membantu Kabupaten Minahasa dalam mewujudkan pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat,” kata Kussoy didampingi Kepala Bidang Bina Marga Dinas PU Minahasa, Ade Novry Lontaan ST.

Menurutnya, pihaknya akan menata pula ‘wajah’ Kota Tondano menjadi semakin baik dengan infrastruktur jalan lebih memadai dan nyaman digunakan baik bagi pengendara kendaraan bermotor maupun masyarakat umum.

“Kita akan menata pusat kota hingga pinggiran-pinggiran Kota Tondano, dimana jalan-jalan yang masih lapen akan kita upayakan untuk dihotmix. Selanjutnya, trotoar pada lajur kiri dan kanan pada jalan-jalan utama akan dibuat untuk kenyamanan pejalan kaki,” ujar Kussoy.

Sementara, masuknya dana sebesar ini tentunya tak lepas dari kinerja Dinas PU Minahasa dalam melakukan lobi-lobi ke pemerintah pusat agar pembangunan di Minahasa berjalan maksimal, sehingga hal ini perlu mendapat apresiasi masyarakat.

“Ini tentu kerja keras pemerintah daerah melalui Dinas PU Minahasa yang perlu mendapat apresiasi dari masyarakat, karena telah berupaya maksimal agar anggaran pusat bisa masuk di Minahasa lebih besar dari tahun sebelumnya, untuk pembangunan yang lebih memadai,” tukas Marcel Wolayan, salah satu tokoh pemuda asal Kota Tondano.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed