by

Dandrem Buka Pelatihan Posko Tanggap Bencana di Kodim 1302 Minahasa

Komandan Korem 131 Santiago Sulut, Brigjen TNI, Musa Bangun
Komandan Korem 131 Santiago Sulut, Brigjen TNI, Musa Bangun
Dandim 1302 Minahasa, Letkol Kav Teguh Heri Susanto SE MM, saat memimpin simulasi tanggap bencana
Dandim 1302 Minahasa, Letkol Kav Teguh Heri Susanto SE MM, saat memimpin simulasi tanggap bencana

Minahasa – Komandan Korem (Dandrem) 131 Santiago Sulut, Brigjen TNI, Musa Bangun, Selasa (20/05), membuka program pelatihan posko penanggulangan bencana, di Kodim 1302 Minahasa.

Dalam pelatihan ini, disimulasikan Kodim 1302 Minahasa melaksanakan operasi bantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka penanggulangan akibat bencana alam di wilayahnya.

Musa Bangun mengatakan, tujuan pelatihan ini untuk melatih Komandan Kodim (Dandim) dan anak buahnya, bagaimana membuat direktif dan rencana mengatasi bencana di wilayahnya.

“Tema latihan ini yakni, bagaimana mengatasi bencana akibat gunung berapi. Karena di wilayah Kodim 1302 Minahasa ada dua gunung berapi yakni gunung Lokon di Kota Tomohon dan gunung Soputan di wilayah Mitra yang keduanya berdekatan langsung juga dengan Minahasa,” ujarnya.

Dikatakan Musa Bangun, dalam hal ini, bagaimana peran Dandim dan stafnya saat gunung api erupsi, seperti pengosongan wilayah tertentu sesuai dengan bahaya ancaman yang ditimbulkan dan bagaimana Dandim dan Bupati/ Walikota setempat saling berkoordinasi dengan melibatkan semua instansi terkaitnya.

“Pelatihan penanganan secara bersinergi ini sangat penting. Sehingga, Kodim akan terlebih dahulu dilatih kemudian akan secara bertahap ke instansi pemerintah terkait setempat. Karena, secara institusional semua siap, tapi bagaimana mensinergikannya, itu yang harus dilatih,” katanya.

Musa menargetkan, kedepan antar Kodim dan pemerintah setempat harus bisa membuat mitigasi bencana dan membuat konfijensi bersama-sama.

“Harapan saya, dengan kehadiran perwakilan instansi pemerintah daerah seperti BPBD, maka mereka akan buat program dalam Tahun anggaran untuk disampaikan kepada Bupati/Walikota, sehingga bisa dianggarkan daerah dan mereka bisa mengundang kami untuk merancang bersama-sama,” ujarnya.

Kegiatan ini sendiri dalam simulasi, melibatkan perwakilan dari BPBD masing-masing Kabupaten/ Kota, di wilayah Kodim 1302 Minahasa dan akan berlangsung hingga Kamis (22/05) mendatang.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed