by

DPRD Minahasa Gelar Rapat Paripurna Hari Jadi Minahasa ke-593

Minahasa – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Hari Jadi Minahasa ke-593, Jumat (05/10) pagi, bertempat di aula Wale Ne Tou Tondano.

Rapat Paripurna yang dihadiri Wakil Gubernur Sulawesi Utara Drs Steven O E Kandouw, serta Bupati Minahasa Dr Ir Royke Oktavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM ini, dipimpin langsung Ketua DPRD Minahasa Glady P E Kandouw SE, didampingi Wakil Ketua Okstesi Pricilia Runtu SH MSi dan Wakil Ketua Denny R Kalangi, serta Sekretaris Dewan Drs Dolfie Kuron MBA.

Dalam prakatanya, Glady Kandouw menyampaikan bahwa, peringatan Hari Jadi Minahasa bukanlah sekedar seremoni belaka. Untuk itu, dirinya mengajak masyarakat menjadikan momentum ini sebagai lembaran dari tonggak sejarah yang baru, dengan berakar dan bermakna pada nilai-nilai luhur budaya dan semangat kearifan lokal, dengan terus meneladani dan menumbuh kembangkan semangat Mapalus. Karena menurutnya, semangat itulah ikatan persaudaraan telah membesarkan tanah Minahasa ini secara tahap demi tahap sehingga menjadi daerah otonomi, yang memiliki daya saing dan mampu mensejajarkan diri dengan daerah otonomi yang lain.

 

“Di momentum Hari Jadi Minahasa ini, rasa persaudaraan, torang samua basudara, torang samua ciptaan Tuhan, baku-baku bae dan baku beking hidop, yang menjadi warisan leluhur Minahasa, sangatlah kental terasa. Refleksi ini teraktualisasi melalui dukungan dan respon seluruh komponen masyarakat Minahasa, dalam menunjang program-program pemerintah,” ujarnya.

Dia kemudian mengajak masyarakat agar menjadikan peringatan Hari Jadi Minahasa ini sebagai wahana untuk menilai sejauh mana kita melangkah dan seberapa besar kontribusi kita dalam mengisi pembangunan bagi kejayaan tanah Minahasa pada khususnya, dan NKRI pada umumnya.

Karena menurutnya bahwa, sejarah mencatat dengan tinta emas, rakyat Minahasa sejak berabad-abad lampau dikenal sebagai masyarakat yang dinamis, agamis dan hidup bermapalus. Sejarah mencatat pula dalam keluarga besar sebagai bangsa Indonesia, rakyat Minahasa senantiasa memberikan kontribusi positif dalam setiap momentum kehidupan bangsa. Momentum historis ini mengingatkan kita tentang rintisan ide, gagasan, bahkan buah karya yang telah digoreskan oleh putra-putri terbaik tanah Minahasa dari waktu ke waktu dan dari generasi ke generasi bagi kemajuan Minahasa, tanah Toar Lumimuut tercinta.

“Karena itu, sudah selayaknya kita menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada sesepuh pimpinan Minahasa dari waktu ke waktu, dan kepada semua elemen masyarakat yang ada di tanah Minahasa, yang telah memberikan kontribusi positif bagi pembangunan daerah ini,” ujarnya lagi.

Glady Kandouw juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dibawah pimpinan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven O E Kandouw SE, yang telah berkomitmen menjadikan Sulut sebagai pintu masuk kawasan ekonomi bagi Indonesia dalam rangka menunjang Sulut menjadi lebih hebat kedepan.

“Penghargaan yang sama juga disampaikan pula atas program prioritas Bupati Minahasa Drs Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM serta jajarannya, yang sudah dan sementara dilaksanakan, termasuk pengembangan Danau Tondano secara komprehensif serta pembangunan rumah sakit daerah,” tukasnya.

Bupati ROR dalam sambutannya mengajak masyarakat Minahasa merayakan Hari Jadi Minahasa ke-593 ini dengan suka cita dan meriah, walaupun dengan pandemi COVID-19 yang mengajarkan kita arti kesederhanaan, kepedulian dan kebersamaan. “Pada titik inilah, mari kita perkuat kembali kebersamaan, persatuan, dan semangat gotong royong untuk bersama-sama berjuang agar bangsa kita dapat segera terbebas dari pandemi COVID-19,” tukasnya.

Kata ROR, 593 tahun Minahasa telah dilewati dengan beragam dinamika, sehingga harus diakui gambaran Minahasa saat ini merupakan kontribusi dari sinergitas segenap stakeholder yang ada. “Momentum bersejarah ini juga mengingatkan kita akan kerja dan pengorbanan dari tou Minahasa dari masa ke masa, bahkan kekayaan budaya yang telah turut memberi warna dalam catatan bersejarah perjalanan panjang Minahasa. Kewajiban kita saat ini adalah berkontribusi dalam pembangunan Minahasa tercinta,” ajak Bupati.

Dia lalu membeber sejumlah keberhasilan pembangunan di Kabupaten Minahasa, hingga Minahasa berusia ke-593 ini. Keberhasilan pembangunan itu meliputi sektor pertanian, kelautan dan perikanan, pariwisata, pendidikan, kesehatan, dan sosial.

Sementara, Wakil Gubernur Steven Kandouw dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada Kabupaten Minahasa yang hari ini boleh genap berusia 593 tahun. Dia berharap momen, Hari Jadi Minahasa ini dapat dijadikan kesempatan untuk berkontemplasi, introspeksi dan evaluasi apa yang sudah dicapai dan belum.

“Pelayanan pemerintah tolong dijaga, yang lain ditingkatkan, apalagi Standar Pelayanan Minimal pelayanan pemerintah di Minahasa paling tinggi di Sulawesi Utara dan ketiga di Sulawesi. Semua komponen masyarakat di Minahasa harus punya paradigma pembangunan yang holistik. COVID-19 jangan menjadi alasan tapi pemerintah harus ada inovasi dan terobosan,” tegas Wagub.

Dalam Rapat Paripurna ini, juga dilaksanakan upacara pemberian gelar adat Tonaas Teterusen Wangko Um Banua kepada Panglima Kodam XIII Merdeka Mayor Jendral TNI Wanti Waraney F Mamahit MSi dan Teterusen Um Banua kepada Komandan Korem 131 Santiago Sulut Brigjen TNI Prince Mayer Putong SH MIP, serta Tonaas Gumiiroth Um Banua kepada Kepala BNN Sulut Brigjen Pol Viktor Joubert Lasut. Gelat adat ini diberikan langsung oleh Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi.

Selain itu, juga pemberian bonus kepada para atlet dan pelatih yang berprestasi meraih medali di PON XX Papua 2021, yang turut diserahkan oleh Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw, dan pemberian bonus kepada peraih gelar Nyong Sulut 2021 dan Wakil 1 Noni Sulut, pemberian penghargaan bagi pemenang lomba Desa dan Kelurahan, pemberian piagam penghargaan pajak 100 persen, launching sistem pengelolaan pajak daerah, juga pemberian nama Jalan Dolfie Tanor mantan Bupati Minahasa.

Rapat Paripurna ini turut dihadiri Forkopimda Sulut, Forkopimda Minahasa, Sekretaris Daerah Minahasa Frits R Muntu SSos, Sekretaris TP-PKK Provinsi Sulut dr Kartika Devi Kandouw-Tanos MARS, Ketua TP-PKK Minahasa Dra Fenny Roring-Lumanauw SIP dan Wakil Ketua TP-PKK Martina Dondokambey-Lengkong SE, segenap Anggota DPRD Minahasa, jajaran pejabat Pemkab Minahasa, para mantan Bupati dan Wakil Bupati, para Hukum Tua se Minahasa, serta undangan lainnya.(advetorial)

Comment

Leave a Reply

News Feed