by

Kasus Positif COVID-19 Meningkat, Capaian Vaksinasi Dosis Kedua di Minahasa Baru 5,55 Persen

Minahasa – Vaksinasi COVID-19 untuk masyarakat umum di Kabupaten Minahasa terbilang cukup lambat. Pasalnya, hingga saat ini untuk vaksinasi dosis kedua baru mencapai 5,55 persen, dari 311.131 penduduk yang menjadi target divaksin.

Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa menyebutkan, untuk vaksin dosis pertama baru mencapai 25,26 persen atau 78.604 orang, sedangkan untuk vaksinasi dosis kedua baru 17.281 orang atau 5,55 persen.

Capaian ini tentu masih jauh dari yang diharapkan untuk membentuk herd immunity, guna menekan angka terjangkit COVID-19 bagi masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan Minahasa dr Maya Rambitan MKes sebelumnya pernah mengatakan, lambatnya proses vaksinasi terhadap masyarakat dikarenakan jumlah vaksin yang masuk ke Minahasa yang masih sangat terbatas.

“Kita sering kehabisan stok vaksin karena vaksin yang masuk ke Minahasa terbatas. Sehingga, untuk proses vaksinasi kita menyesuaikan dengan jumlah stok yang ada. Kemudian untuk vaksinasi dosis kedua juga, karena kita banyak menggunakan vaksin astra zeneca, maka suntikan dosis kedua nanti tiga bulan kemudian, sehingga ini memang lumayan lama,” kata Rambitan.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed