by

Kembuan Wakili Tondano Utara di Lomba Desa Tingkat Kabupaten

Minahasa – Setelah meraih juara satu di tingkat kecamatan, Desa Kembuan mewakili Kecamatan Tondano mengikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten Minahasa tahun 2023.

Desa Kembuan pun kemudian kini masuk tahap penilaian Lomba Desa Tingkat Kabupaten ini, Rabu (25/05) sore, oleh tim penilai dari Kabupaten Minahasa, yang dilaksanakan di Balai Desa.

Hukum Tua Desa Kembuan, Olke Teske Walalangi mengatakan, Kembuan telah melalukan segala persiapan untuk mengikuti lomba ini, sehingga desa yang dipimpinnya siap dinilai.

“Tentu harapan kami bisa merah yang terbaik. Terima kasih kepada tum penilai yang sudah melakukan penilaian, dan terima kasih kepada seluruh Perangkat Desa dan masyarakat yang sudah mendukung Pemerintah Desa Kembuan untuk memberikan yang terbaik,” ujarnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Drs Arthur N Palilingan MM dalam sambutannya yang diwakili Kepala Bidang Pemberdayaan Kelembagaan dan Masyarakat, James Goni SSTP MAP mengatakan, Lomba Desa dan Kelurahan sebagai agenda tahunan Pemerintah, yang merupakan kegiatan evaluasi dan penilaian perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan, yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

“Tahun ini, Perlombaan Desa dan Kelurahan Tingkat Kabupaten Minahasa Tahun 2023 mengusung tema, Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik dalam mewujudkan Stabilitas Ekonomi dan Sosial Desa/Kelurahan,” ujar Goni yang kala itu hadir didampingi Camat Tondano Utara, Thelma Torar SSos.

Pelaksanaan lomba ini sendiri menurutnya, sudah disesuaikan dengan Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan. Aturan tersebut mengamanatkan bahwa pelaksanaan lomba ini diawali dengan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, berdasarkan evaluasi tersebut, desa dan kelurahan akan dibagi dalam 3 kategori, cepat berkembang, berkembang dan kurang berkembang,” kata Goni.

Untuk itu, dia berharap penilaian lomba desa tidak semata-mata menjadi agenda seremoni, namun sebaliknya dapat memotivasi pemerintah dan masyarakat untuk berpartisipasi aktif membangun desa, agar kedepan dapat terwujud masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera.

Dia kemudian atas nama Pemerintah Kabupaten Minahasa menyampaikan selamat dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Desa Kembuan yang telah bekerja keras menata desa, bersama segenap elemen masyarakat, yang ditunjang oleh kinerja Hukum Tua dan Perangkat Desa yang handal.

“Kiranya prestasi ini akan terus dijaga dan dipelihara, sehingga kedepan akan menjadi desa teladan dan panutan bagi desa-desa lainnya untuk lebih semangat membangun desa, guna mewujudkan perubahan di tanah Minahasa, menuju Minahasa sejahtera yang bermartabat di masa-masa mendatang,” ujarnya.

“Dan, bagi desa dan kelurahan yang dikategorikan kurang berkembang, akan dilakukan pembinaan khusus, sedangkan yang berhak mengikuti lomba ini adalah desa dan kelurahan yang dikategorikan berkembang dan cepat berkembang,” pungkasnya.

Adapun Tim Penilai perlombaan desa dan kelurahan di tingkat Kabupaten Minahasa tahun 2023 ini terdiri dari, Ketua Tim, Kepala Dinas PMD Kabupaten Minahasa Drs Arthur N Palilingan MM, dan Sekretaris Tim, Sekretaris Dinas PMD Kabupaten Minahasa Julius Kalintabu SE. Tampak hadir pula, Ketua Bidang Dua Tim Penggerak PKK Minahasa, Fice Tampi-Waleleng SPd. (fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed