by

Kinerja Tak Memuaskan Panwascam dan PPL Bakal Diganti

Ketua Panwaslu Minahasa, Erwin Sumampouw ST
Ketua Panwaslu Minahasa, Erwin Sumampouw ST

Minahasa – Bila dalam evaluasi kinerja, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Panitia Pengawas Lapangan (PPL), didapati melakukan pelanggaran atau menunjukkan kinerja tak memuaskan, maka terancam diganti.

Hal tersebut dikatakan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Minahasa, Erwin Sumampouw SE, kepada CSN, Selasa (20/05), disela-sela kegiatan evaluasi dan penetapan kembali anggota Panwascam dan PPL, bertempat di ruang sidang DPRD Minahasa.

Menurut Sumampouw, evaluasi ini dilakukan Panwaslu Minahasa, berdasarkan surat edaran Badan Pengawas Pemilu Repoblik Indonesia (Bawaslu-RI) Nomor 0528/Bawaslu/V/2014, tentang evaluasi dan penetapan kembali PPL, Panwascam dan Panwaslu Kabupaten, yang ditindaklanjuti dengan surat edaran Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara, nomor 145/Bawaslu-Sulut/V/2014,

“Dalam evaluasi ini, kembali dilakukan uji kepatutan dan uji kelayakan PPL dan Panwascam, soal kinerja dan berdasarkan hasil laporan masyarakat atau secara berjenjang laporan dari PPL, Panwascam lalu ke Panwaslu,” ujar Sumampouw, dampingi Komisioner Panwaslu Minahasa, Fentje Bawengan.

Lanjut dikatakan Sumampouw, usai mengevaluasi dan menetapkan kembali PPL dan Panwascam, secara berjenjang, posisi Panwaslu Kabupaten juga bakal kena evaluasi dari Bawaslu Provinsi.

“Dalam hal ini, tak hanya PPL dan Panwascam, kinerja Panwaslu Kabupaten juga akan dievaluasi dan terancam tak terakomodir lagi bila kinerja tak memuaskan,” ujarnya.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed