by

Sambut Hari Jadi Minahasa ke-595, Kumendong Ziarah ke Makam Pendahulu

Minahasa – Dalam rangka menyambut Hari Jadi Minahasa ke-595, Penjabat Bupati Minahasa Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, Rabu (25/10) pagi hingga siang, melakukan ziarah ke makam para pemimpin Minahasa, yakni Bupati dan Wakil Bupati yang telah mendahului.

Ziarah diawali Bupati Minahasa periode 1993-1998, Alm Drs Karel Senduk, lalu dilanjutkan di makam Bupati Minahasa Periode 1998-2003 Alm Drs Dolfie Tanor, kemudian di makam Wakil Bupati Minahasa periode 1998-2003, Alm Drs Simon Boy Tangkawarouw, kesemuanya di Kelurahan Kakaskasen Kota Tomohon.

Dari Tomohon, Bupati ROR kemudian melanjutkan berziarah ke makam Alm Estevanus Kandou, yang adalah Bupati Minahasa periode 1958-1961, di Desa Lota Kecamatan Pineleng. Lalu yang terakhir di makam Bupati Minahasa periode 2013-2018 dan Wakil Bupati Minahasa periode 2008-2013, alm Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, di Desa Koka Kecamatan Tombulu.

Bupati Kumendong usai ziarah mengatakan, ziarah ke makam para pemimpin pendahulu Minahasa ini sebagai bagaian dari menghormati dan mengenang jasa para pemimpin pendahulu Minahasa, baik Bupati maupun Wakil Bupati.

Karena menurutnya, sebagaimana istilah yang populer saat ini yakni, bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan jasa para pahlawannya.

“Mereka adalah pahlawan pahlawan Minahasa yang sudah berusaha untuk membangun Minahasa. Sehingga, ini menjadi kewajiban bagi kami semua pejabat yang ada di Minahasa untuk menghormati dan mengenang para pemimpin pendahulu kita ini. Ini bagian dari penghormatan dan penghargaan Pemkab Minahasa kepada pendahulu kita,” pungkasnya.

Sementara, mewakili keluarga mantan Bupati Minahasa, Dr Olga Sajow Singkoh MHum yang adalah isteri tercinta alm Jantje Wowiling Sajow (JWS), menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkab Minahasa, Bupati Kumendong bersama jajaran, yang telah melakukan ziarah ke makam JWS.

“Ini merupakan ziarah yang pertama Pemkab Minahasa di makam almarhum daln rangka menyambut Hari Jadi Minahasa. Kami keluarga sangat berterima kasih atas kunjungan ini, dan terima kasih atas perhatian Pemkab Minahasa,” ujarnya.

Dalam ziarah ini, Pj Bupati Kumendong didampingi Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Sekdakab Minahasa Ir Wenny Talumewo MSi, bersama jajaran pejabat eselon II dan tiga. Acara diakhiri makan bersama di kediaman Keluarga Sajow-Singkoh, di Desa Koka.(advetroial)

Comment

Leave a Reply

News Feed