KPU Segera Tetapkan DPS Pilgub Sulut 2015 di Minahasa dan PAW PPK PPS

Minahasa – Bila tak ada aral melintang, Selasa (01/09) besok, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, segera menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS), untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pigub) Sulut tahun 2015.

Menurut Ketua KPU Minahasa, Meidy Y Tinangon SSi MSi melalui Kepala Divisi Program dan Data, Lord Arthur Ch Malonda SPd, kepada Cybersulutnews.co.id, Senin (31/08) menjelaskan, penetapan DPS ini sesuai dengan jadwal tahapan Pilgub yang mengacu pada Peraturan KPU Nomor 4 tahun 2015.

“Hari ini (Senin, red) di tingkat Kecamatan telah dilakukan pleno Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran oleh PPK, untuk selanjutnya akan segera dilakukan rapat pleno penetapan DPS oleh KPU Minahasa besok hari (Selasa, red),” ujar Malonda, sembari mengatakan bila sebelum penetapan DPS pada rapat pleno nanti, pihaknya akan terlebih dahulu menggelar koordinasi atau pra pleno.

Sementara, bersamaan dengan itu, pihak KPU Minahasa juga dihari yang sama akan melantik PPK dan PPS yang kena Pengganti Antar Waktu (PAW).

“Untuk PPK yang akan di PAW adalah seorang anggota di Kecamatan Pineleng. Sementara PPS masing-masing satu di Kecamatan Pineleng, Langowan Utara dan Tombariri,” ungkap Komisioner KPU Minahasa Divisi SDM, Kristoforus Ngantung SFils, sembari menambahkan bila langkah PAW ini telah diputuskan dalam rapat pleno KPU Minahasa Senin (31/8).

Selain memutuskan PAW, pleno KPU juga memutuskan memberikan peringatan/ teguran tertulis kepada dua orang anggota PPK, masing-masing di Kecamatan Kawangkoan Utara dan Tondano Utara.

“Ini kami lakukan untuk menjaga kontinuitas dan komitmen kinerja anggota PPK dan PPS sebagai badan ad hock penyelenggara Pemilu,” pungkas Ngantung.(fernando lumanauw)