Tomohon Sister City dengan Bethlehem

Tomohon – Citra Kota Tomohon sebagai Kota Religius di Sulawesi Utara semakin terbangun dengan terjalinnya Sister City dengan Kota Bethlehem di Israel.


Menariknya, Kota Tomohon merupakan daerah pertama di Asia yang membangun ikatan sebagai kota “bersaudara” dengan Bethlehem yang merupakan Kota yang sangat bersejarah dan suci bagi beberapa agama, khususnya agama nasrani.


Hubungan kerjasama ini terlaksana di Rumah Dinas Walikota Tomohon, Rabu (21/08)  yang dihadiri oleh Walikota Jimmy Eman bersama jajaran yang menyambut kedatangan perwakilan pemerintah Kota Bethlehem yakni  High Council Member Municipality of Bethlehem and Head of Tourism Maher N.Canawati yang juga merupakan seorang tokoh panutan dan pengusaha yang bergerak di bidang kepariwisataan sekaligus merupakan tokoh pejuang kedamaian dan kesamaan hak yang sekaligus memberikan penjelasan tentang keadaan di Bethlehem dan sekitarnya mengenai pandangan dunia tentang Palestina dan Israel.


Saat berdialog dengan tokoh-tokoh agama dan tokoh masyarakat dari berbagai agama,beliau menyampaikan tentang toleransi dan kerukunan antara pemeluk agama yang ada di Palestina dan Israel terutama di Kota Bethlehem yang merupakan Kota Kelahiran Yesus Kristus.


Saat ini katanya  Kota Bethlehem menjadi salah satu Kota tujuan wisata baik untuk Wisata Ziarah keagamaan maupun kebudayaan bagi penganut Kristen dan Islam. Hal ini identik dengan Tomohon yang juga sangat terkenal dengan toleransi antar umat beragama dalam keanekaragaman yang ada serta hidup berdampingan dalam rukun dan damai.


Walikota Tomohon  sendiri telah mengunjungi Israel bersama FKUB (Forum Komunikasi Umat Beragama) sekaligus telah mencatatkan prasasti Bahasa Tombulu yang merujuk pada isi Alkitab dalam Markus 1:9-11 yang mengisahkan tentang baptisan yang dilakukan Yohanes Pembaptis terhadap Sang Juru Selamat Yesus Kristus dalam bahasa Tombulu yang merupakan bahasa daerah yang dominan di Kota Tomohon.


Maher dalam sambutannya  mengatakan bahwa berada di Tomohon seperti berada di rumah sendiri, karena adanya kesamaan Tomohon dengan Bethlehem serta keramahan masyarakat dan kenyamanan berada di Koga Bunga Tomohon.


Maher pun   memuji keindahan alam Kota Tomohon yang sangat baik bagi kepariwisataan guna meningkatkan perekonomian masyarakat, sama seperti di bethlehem yang mengandalkan pariwisata guna meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.


Acara ini turut dihadiri oleh para pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon, Kapolres, Kajari, tokoh -tokoh agama yang tergabung dalam FKUB dan Bamag.

Leave a Reply