by

Kodim 1302 Minahasa Manfaatkan Lahan Tidur, JWS Beri Suport

Kepala BP4K Minahasa, Shuban Torar (seragam hansip) bersama Direktur CV GHM Farm Tech, Ria Arita Mailangkay, saat menyaksikan para petani yang hendak membuka lahan bersama anggota TNI.
Kepala BP4K Minahasa, Shuban Torar (seragam hansip) bersama Direktur CV GHM Farm Tech, Ria Arita Mailangkay, saat menyaksikan para petani yang hendak membuka lahan bersama anggota TNI.

Minahasa – Dalam rangka memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif, khususnya areal potensi sawah, Kodim 1302 Minahasa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui BP4K Minahasa dan CV GHM Farm Teck Tondano, membuka lahan tidur untuk ditanami Padi, diareal persawahan Kelurahan Wewelen, Kecamatan Tondano Barat, tepatnya di wilayah Jalan Boulevard Tondano, yang diawali Senin (12/01) tadi pagi hingga sore hari.

Kegiatan yang disuport langsung Bupati Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow MSi ini, oleh Dandim 1302 Minahasa, Letkol Kaf Teguh Heri Susanto SE MM melalui Kepala Seksi Teritorial Kodim 1302 Minahasa, Kapten Inf Ahmad Nurdin mengatakan, kegiatan ini dalam rangka mendukung ketahan pangan di Kabupaten Minahasa.

Nurdin mengatakan, TNI khususnya Kodim 1302 Minahasa akan melibatkan 50-250 personil untuk diterjunkan langsung dalam pembukaan lahan baru ini.

Menurutnya, keterlibatan jumlah personil ini nantinya tergantung kebutuhan tenaga yang dibutuhkan.

“Bila pembukaan lahan baru sudah membutuhkan banyak tenaga maka akan dikerahkan hingga 250 personil. Untuk itu sebagai penggerak, kami memotivasi warga dan Kelompok tani di Minahasa untuk bekerja sama membuka lahan ini untuk ditanami padi,” ujanya sembari menambahkan, kegiatan pembukaan lahan ini melibatkan Kelompok-kelompok Tani dan masyarakat Minahasa.

Kepala BP4K Minahasa, Shuban Torar kepada Cybersulutnews.co.id mengatakan, pihaknya sangat mendukung langkah yang digagas Kodim 1302 Minahasa dan CV GHM Farm Tech ini.

“Langkah ini tentunya patut diapresiasi, karena selain untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi produktif, TNI juga memberdayakan seluruh kelompok tani dan warga yang ingin terlibat yang ada di Minahasa,” ujar Torar.

Sementara, Direktur CV GHM Farm Tech, Ria Arita Mailangkay mengatakan, pihaknya akan membantu pengadaan pupuk organik untuk lahan seluas sekitar 7 heltar ini, selain itu juga memberikan bantuan peralatan pertanian seperti power tracer.

“Untuk mendapatkan hasil tanaman terbaik, kami menggunakan pupuk organik semua tanpa pestisida,” ujarnya.

Camat Tondano Barat, Maya Kainde selaku penguasa teritorial yang juga hadir menyaksikan langsung kegiatan pembukaan lahan ini menyatakan mendukung kegiatan ini dan memberikan apresiasi kepada semua yang terlibat.

Sementara, Bupati Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow MSi dan Dandim 1302 Minahasa, Letkol Kav Teguh Heri Susanto SE MM, Selasa (13/01) besok dipastikan hadir turun langsung ke lokasi pelaksanaan.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed