15 Ribu Pekerja Informal di Minahasa Ditanggung Pemkab Melalui BPJS Ketenagakerjaan

Minahasa – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dibawah pimpinan Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM, menjamin 15.000 Pekerja Informal Program “Mapalus”, dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini ditandai dengan penyerahan kartu kepesertaan secara simbolis oleh ROR-RD, sekaligus menandatangani perjanjian kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan, bertempat di Aula Monumen Benteng Moraya Tondano, Rabu (10/03) pagi.

Bupati ROR mengatakan, Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dalam program “Mapalus” ini nantinya akan ditambah. Karena, selain iurannya cukup murah dan terjangkau, juga dapat memberi jaminan bagi warga pekerja di Minahasa.

“Kita semua tentu berharap bahwa dalam kita melakukan pekerjaan kita, tidak terjadi sesuatu, seperti kecelakaan kerja. Namun, bila terjadi kecelakaan kerja, pemerintah hadir untuk memberikan jaminan. Silakan kerja, tapi dengan tetap berpedoman pada keselamatan kerja,” ujar Bupati.

Kata ROR, Pemkab Minahasa dalam hal ini mencontoh apa yang dilakukan Gubernur Sulut Olly Dondokambey, sehingga Gubernur mendapat penghargaan Paritrana dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami berharap semoga yang menerima santunan, manfaatkan santunan ini dengan sebaik baiknya, karena tulang punggung keluarga telah mendahului. Tapi oleh pemerintah melalui program BPJS Ketenagakerjaan ada santunan Rp 42 juta bagi ahli waris. Semoga ini bisa manfaatkan sebagai modal usaha mengganti pendapatan yang selama tulang punggung keluarga ada,” tutur Roring.

Sementara, kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Minahasa Agnes Pudjiastuti, memberikan apresiasi kepada Pemkab Minahasa yang telah memberikan perlindungan Jaminan Sosial bagi tenaga kerja informal dan formal di Minahasa. Menurutnya, hal tersebut sebagai upaya untuk mensejahterakan masyarakat pekerja dan juga untuk mengentaskan kemiskinan.

“Sampai saat ini kepesertaan untuk tenaga informal sekitar 20.000 tenaga kerja, yang terdiri dari Program Mapalus dan ASN Peduli, untuk tenaga kerja formal yaitu THL, perangkat Desa dan Kelurahan,” kata Pudjiastuti.

Turut hadir dalam acara ini, Deputi Direktur Wilayah Sulawesi Maluku, Bpk. Arief Budiarto, Asisten Deputi Direktur Wilayah Sulawesi Maluku Bidang Kepesertaan, Alias AM, Kepala Kantor Cabang Manado Hendrayanto, Kepala Kantor Cabang Minahasa Agnes Pudjiastuti, Kadisnaker Minahasa Dr Arody Tangkere MAP, Kepala BKPSDM Minahasa Drs Moudy L Pangerapan MAP, Kadis PMD Jefry Tangkulung SH MAP, Kadis PM-PTSP Mekry J Sondey SE MSi, Kadis Perhubungan Maya M Kainde SH MAP, Kabag Prokopim Johnny Tendean AP MAP, Kabag Hukum Willem P. Nainggolan dan Camat Tondano Barat Robert Ratulangi SPd.(advetorial)

Leave a Reply