by

63 Persen Warga Desa Tonsealama Sudah Divaksin COVID-19, Yang Isoman Dapat Bantuan

Minahasa – Dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19, serta menuju pada kekebalan komunitas terhadap virus, sebanyak 63,3 persen warga Desa Tonsealama Kecamatan Tondano Utara, sudah menerima vaksinasi.

Hukum Tua Desa Tonsealama Estefanus Dimpudus AMd mengatakan, dari 1.801 warga yang wajib vaksin, 1.141 diantaranya sudah menerima suntikan vaksin, sedangkan 660 warga lainnya belum. Khusus untuk usia 12-17 sendiri, ada 152 orang yang wajib vaksin, dimana 110 orang diantaranya sudah divaksin atau sebesar 73 persen.

“Dari semua warga yang wajib vaksin, masih ada yang belum divaksin. Selain karena menyesuaikan dengan ketersedian vaksin dan jadwal vaksinasi, ada warga yang memang belum bisa menerima vaksin karena sakit bawaan, dan ada pula yang masih kami identifikasi alasannya apa,” terang Dimpudus.

Sementara, vaksinasi ini sangat berdampak besar bagi terciptanya herd immunity di Desa Tonsealama. Tercatat saat ini, ibukota Kecamatan Tondano Utara tersebut tak lagi memiliki warga yang positif COVID-19 ataupun warga yang sedang melakukan isolasi mandiri.

“Saat ini Tonsealama nol kasus. Kita berharap kedepan COVID-19 ini semakin dapat diatasi, yang tentunya atas peran serta dan dukungan juga dari seluruh masyarakat yang ada di Desa ini. Sebab, tanpa dukungan dari masyarakat, pemerintah tentu akan kesulitan,” ungkapnya.

Sebelumnya, tercatat ada 18 warga Desa Tonsealama teridentifikasi positif COVID-19 dan melakukan isolasi mandiri. Terhadap mereka yang isoman ini, Pemerintah Desa Tonsealama memberikan bantuan sembako untuk meringankan kebutuhan masyarakat.

“Setiap warga yang terjangkit COVID-19 dan harus melakukan isoman, Pemdes Tonsealama memberikan bantuan sembako yang bersumber dari 8 persen dana desa untuk penanganan COVID-19. Semua menerima tanpa terkecuali,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed