by

878 BPD di 153 Desa Dilantik, Bupati ROR Minta Jadi Saluran Aspirasi Masyarakat

Minahasa – Sebanyak 878 Badan Pengurus Desa (BPD), di 153 Desa dari 227 Desa yang ada di Kabupaten Minahasa, resmi menjalankan tugas, usai dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, Senin (09/12) sore, bertempat di Wale Ne Tou Tondano.

Kepada mereka yang baru dilantik ini, Bupati ROR meminta agar mereka dapat menjadi saluran aspirasi masyarakat Desa setempat, sebab pembangunan itu berasal dari Desa. Menurutnya, banyak harapan masyarakat di Desa agar secara berjenjang aspirasi mereka bisa tersampaikan dari Desa, ke Kecamatan, Kabupaten, lalu sampai ke Provinsi.

“Ada 3 fungsi, 13 tugas dan 9 larangan yang perlu dipahami oleh BPD, pelajarilah itu. Ini adalah tugas yang sangat mulia dari membangun Desa. Pembangun terdepan yang langsung terasa itu adalah, pembangunan dari Desa. Untuk itu, BPD harus benar-benar menempatkan diri sebagai saluran aspirasi masyarakat untuk kemajuan dan kesejahteraan Desa. Marilah kita memberi diri untuk membangun desa,” kata ROR.

Selanjutnya, Bupati kemudian mengajak BPD yang baru dilantik ini dapat mendukung seluruh program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, baik yang sementara maupun yang akan dilaksanakan.

“Tahun ini kita akan mengeluarkan Perda pengurangan sampah plastik, dan masuk tahun 2020, kita tidak menggunakan air mineral kemasan kecil. Kedepannya, kita akan mengurangi penggunaannya, jadi dianjurkan supaya menyediakan gelas dalam setiap acara atau kegiatan-kegiatan acara di Desa, ujarnya.

“Tahun depan juga kita akan langsung melaksanakan pencanangan penyelamatan Danau Tondano, full 1 tahun atau 365 hari, dengan akan memfokuskan pada pengangkatan Eceng Gondok, yang nantinya melibatkan TNI-Polri dan seluruh masyarakat,” pungkasnya.

Acara yang diawali laporan kegiatan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Minahasa Djefri Sumendap Sajow SH ini, dihadiri Asisten I Bidang P emerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa DR Denny Mangala MSi, serta para Camat se-Minahasa.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed