by

BPD di 98 Desa Penyelenggara Pilhut Diberi Waktu Empat Hari Bentuk Panitia

Minahasa – Panitia pemilihan Hukum Tua (Pilhut) tingkat Kabupaten memberikan waktu empat hari kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) di 98 Desa penyelenggara Pilhut di Kabupaten Minahasa untuk membentuk panitia tingkat desa.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Minahasa Jeffry Tangkulung SH MAP, Kamis (10/03) siang, di Kantor Bupati, Tondano. Menurutnya, pembentukan Panitia Pilhut oleh BPD dimulai Jumat, 11 Maret hingga Senin 14 Maret mendatang.

“Jadi, BPD diberi waktu empat hari untuk membentuk Panitia Pilhut tingkat desa. Untuk itu, kami meminta BPD sesegera mungkin menindaklanjuti hal ini agar nantinya tidak mengganggu tahapan Pilhut, yang sesuai aturan hanya 114 -115 hari,” terang Tangkulung.

“Semua Hukum Tua dan BDP sudah kita surati. Hal ini juga sudah kita sampaikan kepada para Camat untuk dapat meneruskan kepada Hukum Tua yang akan menggelar Pilhut bahwa tahapan sudah bergulir,” ujarnya.

Lanjut kata Tangkulung, Panitia Pilhut tingkat desa yang sudah terbentuk ini nantinya akan dibekali terkait tatacara pemilihan hukum tua nantinya.

“Melihat jumlah desanya banyak, maka panitia tingkat kabupaten telah membentuk tim sosialisasi dan dibagi 5 tim, kita akan mobile di masing-masing kecamatan. Proses sosialisasi ini ada dua hari,” kata Tangkulung.

“Ada dukungan dana di masing-masing desa dan akan diserahkan langsung kepada panitia. Dana tersebut dipergunakan sesuai dengan ketentuan. Didalamnya adalah pengadaan surat suara, honor panitia, operasional dan lain-lain,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed