by

Bupati Minut JG Masuk Buku The Indonesian Next Leaders Kategori 1 Dari 4 Klaster Pimpinan Daerah Terbaik

KLABAT – Joune Ganda  merupakan Kepala Daerah Kabupaten Minahasa utara dari 4 klaster pimpinan daerah yang masuk dalam catatan Buku “The Indonesian Next Leaders” dalam peluncuran versi digital yang digelar bersamaan dengan HUT Media Indonesia ke 54 di Jakarta, Kamis 1 Februari 2024.

Gaudensius Suhardi, Direktur Utama Media Indonesia menuturkan jika, buku The Indonesian Next Leaders layak menjadi dokumentasi beberapa contoh kepemimpinan inspiratif yang diharapkan dapat bermanfaat untuk bangsa. Dimana diperkirakan ada sekitar 3000 jabatan publik di periode paska pimpinan nasional baru terbentuk di tahun ini.

“Ada empat klaster kepemimpinan yang di kompilasi dalam buku ini. Pertama, klaster pejabat publik dari posisi militer, kementerian dan lembaga negara. Kedua klaster pejabat pemerintahan daerah, ketiga klaster pemimpin korporasi dan ke empat klaster pemimpin dengan latar belakang akademisi. Hal ini mencerminkan adanya keterwakilan beberapa sumber kepemimpinan yang layak dipertimbangkan untuk menjadi  talenta aneka posisi pemimpin Indonesia di masa kini dan masa yang akan datang. Demikian ditambahkan oleh Arief H. Thamrin, CEO Solutee.id PT Cahaya Hati Sukses selaku pemegang hak cipta Buku ini,” ujar Suhardi.

Banyak aspek lanjut Suhardi, kepemimpinan yang bisa diambil hikmah, contoh sukses, role model dan best practice dari para Inspiring Leaders dalam buku ini. Antara lain tentang gaya, art, filosofi, wisdom, kiat manajemen kepemimpinan, baik dalam hal kajian akademis maupun praktis. Joune J E. Ganda, SE MAP MM MSi, Bupati Minahasa Utara Sulawesi Utara. Bupati ini identik dengan penghargaan.

“Sejak memimpin Minahasa Utara pada 2021, beragam penghargaan dari beberapa kementerian dan lembaga berhasil diraih Joune. Sejumlah penghargaan itu terkait erat dengan nasib rakyat, seperti ketenagakerjaan, nasib anak-anak, soal kesehatan, juga tentang pengendalian stunting,” jelasnya.
Selain itu, ada juga program unggulan yang lain, yaitu inovasi bibit kelapa yang produktif  dan pengembangan wisata Likupang.

“Gaya kepemimpinan kolaboratif, kooperatif dan partispatif membuat bupati yang berlatar belakang pengusaha dan berwawasan global ini dapat menjadi bupati yang handal,  mengerti birokrasi dan membawa kemajuan untuk daerahnya. Fokus Kepemimpinan beliau menyasar ke hal-hal mendasar bagi kepentingan hajat hidup orang banyak, terlihat amat menonjol. Talenta kepemimpinan dan kinerja  positif beliau, menjadikannya  layak menjadi the next leader,” pungkasnya.

Diketahui, panelis buku ini antara lain, Abdul Kohar, News Director Media Indonesia, Arief H Thamrin, CEO Solutee yang berpengalaman sebagai juri di beberapa award dan mantan eksekutif  di 5 TV, Dr Yuliandre Darwis, Akademisi Pakar Ilmu Komunikasi mantan ketua KPI dan Mariani Ng, Trainer Leadership dan  Pemegang Sertifikat Mind Mapping dari Amerika Serikat.(FerdinandRanti)

Comment

Leave a Reply

News Feed