by

Eman Sebut Perizinan Jadi Modal Utama Masuknya Investor

Tomohon – Perencanaan lahan, pemanfaatan lahan dan pengendalian pemanfaatan lahan perijinan serta peningkatan peran masyarakat dalam pengendalian penataan ruang merupakan salah satu faktor yang vital untuk menjawab tantangan pengembangan Kota Tomohon dalam rangka memfasilitasi masyarakat/ investor untuk mengembangkan semua sektor penting.

Hal ini dikatakan Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak dalam sambutannya saat menghadiri kegiatan Sosialisasi Mekanisme Pengawasan, Pengendalian, Perizinan dan Penegakan Aturan Tata Ruang yang digelar di Aula Naga Mas Tomohon, Selasa (09/10/2018).

Walikota menambahkan, menjadi suatu tantangan bagi kita semua, bahwa pengembangan suatu investasi yang akan menunjang pembangunan suatu kota / wilayah sering kali bertentangan dengan penataan ruang terkait kesesuaian pemanfaatan lahan.

“Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yakni kurangnya pengetahuan masyarakat / investor terkait lahan dan peruntukannya, kurangnya sosialisasi aparat teknis terkait dan kurangnya pengendalian aparat teknis,” ujar Walikota.

“Peran masyarakat dan pemerintah kelurahan dalam pengendalian penataan ruang merupakan salah satu hal pokok yang akan sangat menentukan perkembangan kota tomohon. Lewat kegiatan ini, kami selaku pemerintah kota tomohon berharap agar para peserta dapat berpartisipasi aktif dalam mensosialisasikan dan menunjang kebijakan pemerintah serta terus memberikan masukan dan kontribusi positif untuk kemajuan perkembangan penataan ruang kota tomohon yang semakin baik kedepannya,”kunci Walikota.

Sebelumnya, mewakili Kadis, Sekdis PU dan Penataan Ruang Tomohon Drs Gem Tangkawarouw mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini agar supaya seluruh pemangku kepentingan tata ruang, khususnya pemerintah selaku komponen penyelenggara tata ruang terutama para aparat kecamatan dan kelurahan yang berhubungan langsung dengan masyarakat dapat memahami dengan jelas mengenai aturan tata ruang khususnya dalam pemanfaatan dan pengendalian tata ruang, selanjutnya dapat mensosialisasikan dan menyebarluaskan informasi tentang mekanisme pengawasan, pengendalian, perizinan dan penegakkan aturan tata ruang kepada seluruh komponen masyarakat di Kota Tomohon.

Hadir dalam kegiatan ini selaku narasumber Sekretaris Daerah Ir H V Lolowang MSc, Asisten I Drs ODS Mandagi, Kadis Penanaman Modal & PTSP Tomohon Ir Nova Rompas. Para kepala SKPD, para Camat dan Lurah se- Kota Tomohon.(mar)

Comment

Leave a Reply

News Feed