by

Hari Jadi di Tengah Pandemi COVID-19 dan Keberhasilan ROR-RD Membangun Minahasa

Minahasa – Usia ke-592 tahun Kabupaten Minahasa tahun ini terbilang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan tahun ini Kabupaten Minahasa juga menjadi salah satu daerah terdampak Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), yang mengharuskan seluruh masyarakat menerapkan Protokol Kesehatan dalam setiap aktifitasnya.

Hari Jadi Minahasa yang merupakan momentum sakral tahun ini pun, disambut dan dirayakan dengan nuansa berbeda. Di usia yang ke-592 ini, meski Minahasa dalam suasana pandemi COVID-19, tak menyurutkan semangat dan upaya Bupati Minahasa DR Royke Octavian Roring MSi dan wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi (ROR-RD), untuk mewujudkan kemajuan diberbagai bidang yang menjadi prioritas.

Terobosan inovatif yang berpusat pada kepentingan masyarakat, sesuai dengan kerinduan untuk membangun dan mensejahterakan masyarakat Minahasa dibawah Visi “Terwujudnya Minahasa Maju dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat, Adil dan Sejahtera”, terus digenjot.

Dengan semangat Mapalus serta Sitou Timou Tumou Tou, memperteguh kebhinekaan, ROR-RD memastikan terselenggaranya pembangunan disegala sektor, untuk pemulihan ekonomi di era adaptasi baru. Pemkab Minahasa juga tidak absen dalam membangun tata kelola Pemerintahan yang bersih dan terpercaya.

Adapun hasil nyata pembangunan Kabupaten Minahasa di segala sektor meliputi;

REVITALISASI DANAU TONDANO

Segala upaya dilakukan Pemkab Minahasa demi menjaga danau kebanggaan masyarakat Minahasa ini tetap lestari. Sinergi dengan Pemerintah Pusat terus dibangun melalui sejumlah Kementerian diantaranya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Pemukiman Repoblik Indonesia, untuk pembangunan infrastruktur seputar Danau Tondano.

Tak hanya itu, sinegitas dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara seperti pun tetap dilakukan, berkolaborasi bersama mengatasi permasalahan Eceng Gondok yang menjadi salah satu ancaman kelestarian danau, bahkan upaya ini pun turut melibatkan Aparatur Sipil Negara, Badan Usaha Milik Daerah, Lembaga Swadaya Masyarakat, Organisasi Kemasyarakatan, serta masyarakat sekitar.

PARIWISATA

Di bidang pariwisata, upaya melakukan melakukan pemulihan ditengah Pandemi COVID-19 dan menuju era new normal untuk menarik para investor dalam pemulihan ekonomi, pun terus dilakukan. Ikon-ikon pariwisata, baik wisata perbukitan maupun wisata pantai, serta wisata situs bersejarah, wisata kuliner, maupun wisata alam lainnya, terus digenjot untuk kembali bergairah.

SOSIAL KEMASYARAKATAN

Di bidang sosial kemasyarakatan, sejumlah program Pemkab Minahasa dalam membantu masyarakat, nyata terlihat seperti, memberikan santunan dana duka Rp 2,5 juta kepada ahli waris, serta langsung menyerahkan Akte Kematian dan Kartu Keluarga yang baru.

Untuk masyarakat korban bencana kebakaran rumah dan bencana alam lainnya, pun mendapat bantuan pemerintah. Para pimpinan dan pekerja keagamaan mendapat insentif dan ditanggung asuransi melalui BPJS Ketenagakerjaan.

Selaini  ada pula program ASN Care dan Donor Darah melalui PMI Minahasa.

PENANGANAN COVID-19

Ditengah suasasa pandemi COVID-19 ini, Pemkab Minahasa membantu meringankan kebutuhan pokok maayarakat dengan Pemberian Bantuan Sembako. Bagi korban meninggal dunia karena COVID-19, Pemerintah menyediakan lahan pekuburan khusus. Selain itu, tersedianya fasilitas, termasuk didalamnya ruang isolasi, di Rumah Sakit Umum Daerah Dr Sam Ratulangi Tondano dan semua Puskesmas untuk pasien COVID-19. Armada Ambulance untuk mendukung mobilitas penanganan pasien COVID-19 ditambah dan ketersediaan Rumah Singgah diadakan.

Masyarakat kurang mampu di Desa yang terdampak COVID-19 di cover dengan Bantuan Langsung Tunai (BST) yang bersumber dari Dana Desa. Untuk mencegah penyebaran COVID-19 lebih meluas, Pemkab Minahasa berkoordinasi dan bekerjasama dengan Aparat Keamanan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam mencegah penyebaran virus dengan memakai masker, jaga jarak dan rajin mencuci, serta keluar rumah hanya bila sangat butuh. Hal ini bentuk penegakan peraturan Bupati Nomor 34 Tahun 2020, tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum Protokol Kesehatan, sebagai upaya Pencegahan dan Pengendalian COVID-19.

INFRASTRUKTUR

Peningkatan Infrastruktur pembangunan jalan mantap sepanjang 485,6 KM dari 681,15 KM panjang jalan yang masuk tanggung jawab Kabupaten Minahasa, terus dilakukan. Hal ini semata-mata untuk kemudahan akses bagi masyarakat pengguna jalan. Kemudian, pelayanan dasar akses air minus sebesar 82,25% dan akses terhadap Sanitasi mencapai 69,46%.

Upaya dalam melakukan Revitalisasi Pasar dan menghadirkan pasar Desa pun tak lepas dari perhatian Pemkab Minahasa. Bahkan, Bupati ROR baru-baru ini bertemu langsung dengan Wakil Menteri Perindustrian dan Perdagangan Jerry Sambuaga, dalam upaya melobi anggaran masuk ke Kabupaten Minahasa untuk Revitalisasi Pasar. Hal ini membuahkan hasil, dimana Wamen menjanjikan anggaran untuk tahun 2021 mendatang.

PELAYANAN PUBLIK

Pemerintah mempermudah pengurusan perijinan lewat sarana online. Hal ini memudahkan bagi para pengurus ijin agar tidak harus antri dalam pengurusan perijinan termaksud. Disamping itu, peningkatan kualitas pelayanan publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, yang merupakan instansi terbanyak dukunjungi masyarakat, pun terus dikedepankan. Penerbitan Kartu Keluarga, Akte Kelahiran dan Kartu Tanda Penduduk terus dimaksimalkan pelayanannya.

Atas keberhasilan pengelolaan administrasi sebagai bagian dari pelayanan publik, Pemkab Minahasa berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-6 kali secara berturut turut. Untuk penanganan COVID-19, Pemkab Minahasa juga melakukan recofusing anggaran sesuai aturan perundang undangan yang berlaku.

PENDIDIKAN

Sektor pendidikan merupakan sektor yang paling terdampak saat pandemi COVID-19, dimana semua sekolah diliburkan dan anak didik belajar dari rumah.

Namun demikian, mempersiapkan anak didik masuk sekolah lagi, Pemerintah mengadakan sanitasi berupa tong air, pipa instalasi air dan sprayer di satuan pendidikan jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, untuk membantu warga sekolah memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Disisi lain,
pengembangan Sumber Daya Manusia guru terua dikedepankan dan terlibat aktif dalam program mapalus pendidikan.

PERTANIAN

Pemkab Minahasa menggenjot masyarakat agar mengolah tanah memanfaatkan lahan kosong, untuk dijadikan lahan pertanian produktif yang dapat menghasilakan. Pemberian bantuan bibit pertanian seperti cabe, jagung, bawang merah, dan bantuan pupuk dilakukan, agar petani dan masyarakat luas tambah bersemangat dalam mengolah lahan.

PEMBERDAYAAN APARATUR NEGARA

Pemkab Minahasa dalam mengisi setiap jabatan yang ada di lingkungan pemerintahan, melaksanakan Talent Mapping, untuk menghasilkan pejabat yang benar-benar berkompeten dalam pengelolaan bidang demi kemajuan pemerintahan yang bersih.

Tahun ini pun, Pemkab Minahasa melakukan penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil, yang hasil akhirnya telah diumumkan Pemkab Minahasa melalui Pengumuman Nomor : 17 /PAN-CPNS/2020 tentang Hasil Akhir Seleksi CPNS Formasi Tahun 2019 di lingkungan Pemkab Minahasa.

Sementara, di dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Minahasa ke-592 ditengah suasana pandemi COVID-19 ini, Pemkab Minahasa tetap menggelar beberapa kegiatan untuk menyemarakkan seperti, Fun Bike, Adventure Trail, serta sejumlah kegiatan lain, dengan tetap mengedepankan Protokol Kesehatan COVID-19.(adve)

Comment

Leave a Reply

News Feed