by

Jalan Sehat Bersama Awali Rangkaian Kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 Pemkab Minahasa

Minahasa – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menggelar Jalan Sehat Bersama sebagai awal seluruh rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Repoblik Indonesia (RI) ke-78 di Kabupaten Minahasa, yang mengambil start dan finish di Taman God Bless Minahasa, Lapangan Dr Sam Ratulangi Tondano, Jumat (04/08) pagi.

Jalan Sehat Bersama yang diikuti seluruh jajaran Pemkab Minahasa, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Minahasa, Instansi Vertikal di Minahasa, BUMD serta anak sekolah yang ada di Tondano ini, dihadiri dan dilepas langsung oleh Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi MM MAP, yang sebelumnya ditandai dengan pelepasan balon Merah Putih ke udara.

Wabup RD dalam sambutannya mengajak seluruh peserta terlebih dahulu memanjatkan puji dan syukur atas kasih anugerah Tuhan Yang Maha Kuasa, karena dengan sukacita dan semangat nasionalisme yang membara, semua dapat berjumpa dan berkumpul melalui Acara Pembukaan Rangkaian Kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke-78 Tahun 2023, di Kabupaten Minahasa ini.

“Saya memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh Jajaran Pemkab Minahasa, khususnya bagi jajaran panitia peringatan HUT RI tahun ini. Kiranya, apa yang telah direncanakan semua dapat berjalan dengan lancar, serta mampu menggelorakan dan menggairahkan semangat patriotisme oleh seluruh lapisan masyarakat,” kata RD.

Peringatan HUT Kemerdekaan RI ini menurutnya merupakan momen penting serta berharga untuk dimaknai secara implementatif.

“Dengan menghormati seluruh jasa para pahlawan kemerdekaan dan pembangunan nasional maupun daerah, kita diharapkan senantiasa mampu memupuk semangat kebersamaan, semangat persatuan, dan semangat gotong royong dalam rangka mewujudkan cita-cita bangsa,” ujarnya.

Sebagaimana Tema Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 yaitu “Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”, sangatlah jelas mengisyaratkan bahwa perkembangan Pembangunan Nasional berada pada situasi dan kondisi yang positif dan progresif.

“Hal itu tidak lepas dari comeback-nya kita pasca Pandemi COVID-19 dan optimalnya usaha dan upaya yang dilakukan pemerintah dalam menghadapi resesi ekonomi dan inflasi atas isu permasalahan global,” tukasnya.

Wabup RD juga menyampaikan bahwa, kita perlu memahami Peringatan HUT Kemerdekaan RI merupakan suatu tangung jawab yang mutlak untuk dilaksanakan.

“Ini sebagai wujud bhakti kita kepada negara, kepada para pejuang, ataupun para pendahulu yang telah memperjuangkan kemerdekaan di Bumi Pertiwi,” tandasnya.

Disisi lain, kata RD, mampu menjadi suatu momen yang tepat bagi kita semua untuk me-review kembali sejauh mana karya dan kerja yang telah kita abdikan dalam kerangka melanjutkan perjuangan pendahulu, mengisi kemerdekaan melalui pembangunan, serta memberi makna terhadap kemerdekaan.

“Sehingga setiap rangkaian pelaksanaan terlebih dalam Upacara Puncak peringatannya, patut untuk dipersiapkan dengan sebaik mungkin,” urainya.

Diakhir sambutan, Wabup menyampaikan terima kasih atas perhatian dan partisipasi semua pihak dalam rangkaian kegiatan ini.

“Akhirnya, dengan memohon tuntunan dan penyertaan Tuhan Yang Maha Kuasa, seluruh rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, secara resmi saya buka,” tutupnya

Hadir juga dalam Jalan Sehat Bersama ini, Wakil Ketua TP-PKK Martina Dondokambey-Lengkong, serta Sekertaris Daerah Minahasa Dr Lynda Deisye Watania MM MSi.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed