by

Kemendag Sidak Ribuan Barang tak SNI di Bitung

Sidak produk baja tulangan beton di Kota Bitung.
Sidak produk baja tulangan beton di Kota Bitung.

Manado,- Kementerian Perdagangan (Kemendag) melakukan sidak barang-barang yang tidak berstandar nasional Indonesia (SNI) di Kota Bitung, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Direktur Pengawasan Barang Beredar dan Jasa, Ditjen Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan, Inayat Iman mengatakan sidak yang dilakukan kali ini di Kawasan Pasar Girian Kota Bitung.

“Tim pengawasan menemukan produk baja tulangan beton (BjTB) dalam jumlah cukup besar yang diduga tidak memenuhi ketentuan SNI,” katanya.

Katanya, hasil temuan tersebut terdiri dari BjTB polos ukuran 6,8 dan 10 mm sebanyak 2.919 batang.

“Selain BjTB juga ditemukan baja lembaran lapis seng (BjLS) merek inisial MG sebanyak kurang lebih 220 lembar yang diduga tidak sesuai dengan ketentuan SNI, dan kami akan menindaklanjutinya,” jelasnya.

Lanjut ia katakan, berdasarkan temuan tersebut pada beberapa daerah dapat diambil kesimpulan bahwa semakin meningkatnya pelaksanaan pengawasan oleh pemerintah belakangan ini, disinyalir produk yang tidak sesuai dengan ketentuan SNI banyak didistribusikan ke luar Pulau Jawa seperti di Kota Bitung.

Dalam pelaksanaannya tim terpadu pengawasan barang beredar (TPBB) yang merupakan perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Perdagangan, Badan POM, Kementerian Perindustrian, Kementerian ESDM, Bareskrim Mabes Polri, Bea Cukai, Badan Karantina Pertanian, Pemerintaj Daerah dan Disperindag Sulut.

“Hal ini dilakukan dalam upaya memberikan perlindungan kepada konsumen,” pungkasnya.

Dalam sidak kali ini juga hadir Kepala Dinas Perindag Sulut, Olvie Atteng dan Kabid Perdagangan Dalam Negeri, Hanny Wajong.(Nancy)

Comment

Leave a Reply

News Feed