KPU Minahasa Rekrut Anggota KPPS Pilgub Sulut 2015

Minahasa – Menghadapi pemilihan umum serentak di Indonesia, termasuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara tahun 2015, awal Desember mendatang yang semakin dekat, maka sesuai tahapan pelaksanaannya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, mulai melakukan perekrutan tenaga Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), untuk masing-masing TPS yang ada di Kabupaten Minahasa.

Ketua KPU Minahasa, Meidy Y Tinangon SSi MSi, kepada Cybersulutnews.co.id, Rabu (28/10) mengatakan, pihaknya sejak hari ini (Rabu 28 Oktober, red) mulai mengumumkan perekrutan anggota KPPS dengan kuota 3.976 orang untuk 568 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 270 Desa dan Kelurahan, melalui Panitia Pemungutan Suara di tingkat Desa dan Kelurahan yang ada.

“Perekrutan KPPS ini sesuai tahapan Pilgub 2015 di Minahasa. Pengumumannya disampaikan hari ini dan akan memulai penerimaan pendaftaran sejak 29 Oktober hingga 5 November mendatang,” tukas Tinangon, sembari menambahkan bila satu TPS akan ada 7 anggota KPPS.

Ditambahakan Komisioner KPU Minahasa Devisi Sosialisasi, Kristoforus Ngantung SFils, siapa saja memiliki peluang untuk direkrut, asalkan melengkapi seluruh berkas pendaftaran yang diperlukan dan diserahkan langsung ke masing-masing PPS yang ada di Desa dan Kelurahan masing-masing.

“Adapun syarat utama bagi pendaftar diantaranya adalah, berusia minimal 25 tahun terhitung sampai tanggal 8 November 2015, pendidikan minimal SMA sederajat, bukan anggota atau pengurus Parpol, belum pernah menjabat 2 kali sebagai anggota KPPS, dimana yang dimaksud dua kali adalah dua kali berturut-turut dalam 2 periode Pemilu, yaitu 2005-2009 dan 2010-2014. Jadi jika seorang calon menjadi KPPS di Pilgub 2010, Pilbup 2012 dan Pemilu 2014, itu
Baru terhitung 1 kali periode,” terang Ngantung, sembari menambahakan bila tempat pendaftaran adalah di Sekretariat PPS dan dibuka mulai pukul 09.00 Wita sampai pukul 18.00 Wita.(fernando lumanauw)

Leave a Reply