by

Mewoh Ingatkan KPU Sulut Sajikan DPT Berkualitas

Manado – Meski mengapresiasi capaian coklit 99 persen oleh KPU Sulut dan jajaran namun, Ketua Bawaslu Sulut, DR.Ardiles Mewoh juga mengingatkan sasaran dari pelaksaan coklit yang bukan sekadar mengejar persentase, namun kualitas DPT hingga pelaksanaan Pilkada nanti.

“Ini bukan soal berapa capaian persentase tapi bagaimana menghadirkan DPT yang berkualitas yang ujungnya adalah pelaksanaan pilkada yang berkualitas atau hasil yang berkualitas,” tegas dia dalam kegiatan media gathering diselenggarakan KPU Sulut yang melibatkan 100 wartawan TV, Radio, Cetak, online, Rabu (10/07/2024).

Jelas Mewoh, kualitas DPT ditentukan 3 hal yakni DPT yang Valid yang berhak memilih masuk didaftar yang tidak berhak tidak didaftar, selanjutnya ,Mutakhit mencatat kependudukan terakhir dan komprehensif.

Jika tiga hal ini dipenuhi maka tandasnya persoalan saat hari H nanti akan diminimalisir.

“Kami terus mendorong KPU dan jajaran agar benar benar menyajikan DPT yang berkualitas , sehingga tidak banyak lagi persoalan yang muncul,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan Coklit jelas Mewoh ada 154 persoalan yang hatua dievaluasi oleh KPU. “Kan masih ada waktu 15 hari untuk melakukan evaluasi,” ujarnya.

Banyak masalah di wilayah tapal batas yang harus di-clearkan. Contoh Boltim-Minsel, Bolsel dan Propinsi Gorontalo, Minut-Bitung, Manado -Minahasa untuk Tikela dan berbagai persoalan lainnya.

Ardiles memastikan jajajaran bawaslu akan secara maksimal melakukan pengawasan terhadap semua tahapan pilkada, termasuk saat ini dalam pelaksanaan Coklit.

Comment

Leave a Reply

News Feed