by

Novly Wowiling Lepas Peserta Lomba Gerak Jalan

Klabat – Dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke-78, Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menyelenggarakan lomba gerak jalan tingkat umum. Selama dua hari (9-10 Agustus 2023). Mengambil star dari kantor kantor Bupati dan finish di JGC, jalan Soekarno Minut.

Mengawali kegiatan, Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesra, Umbase Mayuntu selaku Ketua panitia pelaksana didampingi Sekretaris panitia Usman yang juga Kadis Pemadam Kebakaran Minut, Usman, melaporkan bahwa sesuai dengan agenda kegiatan hari ini akan dilaksanakan gerak jalan tingkat umum dari SMP, SMA, SKPD dan besok tingkat SD.

Selain itu, ada juga lomba pengucapan pembukaan undang-undang Dasar 45 di BKP SDM dan pengucapan Panca Prasetya Korpri.

“Sebagai panitia, kami menghimbau  kepada peserta jadi supaya di jalan-jalan tertib sesuai dengan rute yang sudah ditentukan oleh panitia. Dan kepada guru-guru penanggung jawab yang sudah mendampingi siswa, kiranya juga dapat mengatur siswa dengan baik,” ucap Mayuntu.

Selanjutnya, sambutan Sekretaris Daerah Kabupaten Minut Novly Wowiling, mengatakan gerak jalan dalam rangka HUT Proklamasi ini bertujuan untuk memupuk rasa nasionalisme dan kebangsaan, kaitannya dengan dari awal di saat kita mengecap pendidikan, apakah nilai-nilai kebangsaan nasionalisme ini betul-betul ditumbuhkembangkan dari sejak dini sehingga kita sebagai siswa akan memiliki loyalitas melalui proses pendidikan dan perwujudannya.

“Sebagai siswa, harus memiliki semangat menuntut ilmu belajar dengan baik untuk kemudian bisa memberikan pengabdian pada bangsa dan negara Indonesia secara khusus di Kabupaten Minahasa Utara. Kelak nanti setelah proses pendidikan selesai secara berjenjang tentu sampai level Perguruan Tinggi nilai-nilai kebangsaan itu tidak akan punah ataupun luntur,” kata Sekda Wowiling.

Namun ada satu hal juga yang bisa dicapai untuk memupuk persatuan dan kesatuan, lanjut dikatakan Wowiling, seperti perlombaan antar sekolah dimulai dari SD SMP sampai SMA yang ada di Kabupaten Minahasa Utara, pada akhirnya semua ini akan berakumulasi bisa menunjukkan prestasi di berbagai bidang.

“Atas nama Pemkab Minut, Bupati dan Wakil Bupati menyampaikan selamat kita mengikuti kegiatan ini dan semoga bisa mengikutinya dengan baik. Untuk juara kalaupun ada penilaian itu masalah kedua yang utama adalah bagaimana kita bisa mengikuti kegiatan ini,” ujar Wowiling.(FerdinandRanti)

Comment

Leave a Reply

News Feed