by

Pamong Teladan di Puncak Tertinggi, Kawatu : Terima Kasih Tuhan, Terima Kasih OD-SK

Setelah 34 tahun lebih meniti karir sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS),  Asiano Gammy Kawatu kini mencapai puncak jabatan birokrat Pemerintah Provinsi Sulut.

Jumat (26/11/2021) Putra ketiga dari tujuh bersaudara pasangan birokrat mendiang Ernst Paulus Kawatu dan Syntyiche Eva Watung ini dilantik sebagai Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulut.

“Di Sulut hanya 3 orang yang menjabat  eselon 1, yakni, 2 Rektor dan Sekprov Sulut yaitu pak Gemmy Kawatu,” ujar Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw usai melantik.

Pria kelahir 24 Agustus 1962 di desa Rumoong Atas Kecamatan Tareran ini mengaku sangat bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw atas kepercayaan yang diberikan.

Mantan Penjabat Bupati Minahasa Selatan tahun 2005 ini dikenal sebagai birokrat pintar yang memiliki dedikasi dan disiplin tinggi.

Suami tercinta Dra Paula Mantiri(kakak Prof. Dr. Ir. Desy Mantiri DEA) meniti karir birokrasi ASN sejak tamat kuliah di Fakultas Ekonomi Unsrat.

Ia masuk PNS bukan lewat seleksi CPNS tapi lewat mekanisme mengganti pegawai yang pensiun. Tahun 1987 ia mengikuti Diklat Pra Jabatan dan meraih ranking 1 dari ratusan peserta.

Tahun 1989 telah menduduki jabatan Kasub dan Tahun 1990 menjadi Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan di usia yang masih sangat muda belum 30 tahun.

Ayah dari Pauliba Grasiela Maria Kawatu(kini, berkarir di Spanyol setelah tamat di universitas Compultense Madrid) dan Paulo Grasiano Izack Kawatu(alumni S2 Unsrat) ini, telah mengikuti Diklat ADUM (setara dengan Diklatpim Tingkat IV), Diklat SPAMA (setara dengan Diklatpim Tingkat III) , Diklat SPAMEN (setara dengan Diklatpim Tingkat II) dan Diklat Pim 1.

Sepanjang karirnya, pria yang lahir bertepatan dengan perhelatan pesta olahraga terbesar di benua Asia, Asian Games, di Jakarta tahun 1962 ini, telah berkarir di birokrasi Pemprov Sulut dengan  9 gubernur dan tak kurang dari 8 Sekprov.

Sebelum dilantik sebagai Sekretaris Daerah, sejumlah jabatan penting telah diembannya, yakni, Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Sulut, Kepala Dinas Perindag Sulut, Kepala Dinas Pendapatan Daerah Sulut, Asisten 3 Sekprov, Asisten 2 Sekprov, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulut, Kepala Dinas Pendidikan Daerah Sulut, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah Sulut dan kembali sebagai Asisten 3 Sekprov Sulut.

Di setiap SKPD yang ia pimpin, selalu menjadi panutan dan teladan anak buahnya karena memiliki integritas, akseptabilitas dan disiplin yang tinggi.

Tak heran ia selalu dihormati dan disayang anak buahnya.

Pria yang selalu merawat keluarga ini juga disegani oleh para senior birokrat terutama yang sudah purna bakti.

Dengan mitra kerja wartawan, ia juga dikenal lugas dan bersahabat. Selalu memberi waktu untuk diwawancarai wartawan.

Meski banyak belajar dan terdidik di masa Sekprov Dotulong,  Arsjad Daud SH; ia telah meraih berbagai jabatan dan pendidikan di dalam dan luar negeri, Inggris dan Asia Tenggara.

Bahkan di masa Sekprov Arsyad Daud SH.(ayah kandung pejabat tinggi di Kemendagri, Dr. F.A. Daud), ia pernah menjadi Wakil Sekretaris MIPI dan ikut menyelenggarakan seminar nasional bersama LAN serta menghasilkan buku “Pemerintah Daerah di Era Globalisasi”.

Sebuah seminar dan buku yang mengantisipasi perubahan fungsi dan peran pemerintahan daerah setelah Ted Gaebler dan kawan-kawan menelorkan paradigma baru ilmu pemerintahan yang dikenal sebagai “Reinventing government” (swastanisasi birokrasi). Atau, perubahan orientasi pemerintahan manapun di era globalisasi.

Berbagai jabatan dan pengalaman yang dijalaninya telah menempatkan dirinya sebagai salah satu pamong terbaik yang pernah dimiliki Pemprov Sulut.

Selamat menunaikan tugas sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Sulut.

Tetap rendah hati dan andalkan Tuhan selalu.

Dan jangan lupa kata bijak ini : “Jika kau sedang berlindung di bawah pohon rindang, jangan pernah lupa orang yang menanamnya” (Ernst P. Kawatu, 1937-2008).

Comment

Leave a Reply

News Feed