by

Pembuagan Limbah Batu Bara(FABA) Dari PLTU Amurang Di TPA Mobongo. “Ancam” Kesehatan Warga Sekitar

-Uncategorized

Tempat pembuangan limbah batu bara di kabupaten Minahasa Selatan. Akan berdampak buruk bagi kesehatan warga sekitar. Dimana limbah dari Batu bara dari PLTU Amurang hanya di buang begitu saja di tempat pembuangan sampah (TPA) di Kawangkoan Bawah, Kec. Amurang Barat Minsel.28/09/2023



Dalam beberapa waktu terakhir, FABA menjadi sorotan setelah pemerintah menghapusnya dari daftar B3 dilakukan lewat Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Namun sangat di sayangkan yang terjadi di kabupaten Minahasa Selatan limbah batu bara Fly Ash and Bottom Ash (FABA). Hanya di buang di TPA mobongo Untuk menutupi sampah saja.

Ancaman serius dari limbah batu bara terhadap pencemaran udara dan air di Indonesia belum mendapatkan penanganan yang memadai. Emisi gas beracun dan partikel halus yang berasal dari pembakaran batu bara dalam industri dan pembangkit listrik, terus mengancam kualitas udara di banyak wilayah. Partikel-partikel PM2.5 misalnya, dapat menyebabkan gangguan pernapasan, penyakit jantung, dan dampak buruk pada kesehatan manusia.

Selain itu, dampak pencemaran air oleh limbah batu bara juga perlu diperhatikan. Pembuangan abu dan limbah cair dari industri batu bara dapat mencemari sungai dan laut. Ini mengancam ekosistem perairan dan ketersediaan air bersih. Polutan berbahaya seperti arsenik dan bahan kimia beracun dapat mengendap dalam air tanah dan mengancam kesehatan manusia serta lingkungan secara keseluruhan.

Meskipun ada beberapa upaya yang dilakukan, seperti regulasi dan langkah-langkah teknis, tantangan besar tetap ada dalam menangani bahaya limbah batu bara. Diperlukan tindakan yang lebih komprehensif, termasuk investasi dalam teknologi bersih, penegakan regulasi yang ketat, dan peningkatan kesadaran masyarakat tentang dampak buruk dari penggunaan batu bara.

Saat di konfirmasi di ruang kantor kepala dinas lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Minahasa Roi Sumangkut mengatakan “Membenarkan bahwa limbah batu bara dari PLU Amurang itu di buang di TPA mobongo. Dia mengatakan bahwa memang itu sudah melalui prosedur yang di tetapkan oleh kementerian lingkungan hidup” ucap Sumangkut
Dia menambahkan juga bahwa itu sudah ada kerjasama antara PLTU Dan pemerintah kabupaten Minahasa Selatan..

meskipun FABA dari kegiatan PLTU dikategorikan sebagai limbah nonB3, namun persyaratan pengelolaannya tetap harus memenuhi standar dan persyaratan teknis yang ditetapkan dan tercantum dalam persetujuan dokumen lingkungan, misalnya persyaratan teknis dan tatacara penimbunan FABA, persyaratan teknis dan standar pemanfaatan FABA, sehingga precautionary principle untuk perlindungan lingkungan tetap menjadi kewajiban penghasil atau pengelola limbah. (QQ)

Comment

Leave a Reply