by

Pendataan Jamkesda Minahasa Sudah 10 Kecamatan

Kepala Bagian Kesra Setdakab Minahasa, Novaritta Supit SH
Kepala Bagian Kesra Setdakab Minahasa, Novaritta Supit SH

Minahasa – Hingga saat ini, Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Minahasa, telah mendata peserta Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda), di 10 Kecamatan di Kabupaten Minahasa.

Hal tersebut dikatakan Kepala Bagian Kesra Setdakab Minahasa, Novaritta Supit SH, kepada CSN, Kamis (06/03).

Ke-10 Kecamatan tersebut diantaranya, Kawangkoan Barat, Kawangkoan Utara dan Langowan Selatan, Langowan Utara, Langowan Barat, Eris, Tondano Utara, Tondano Selatan, Tondano Timur dan Tondano Barat.

“Dari 25 Kecamatan yang ada, saat ini kami sudah menerima data dari 10 Kecamatan dan kesemuanya sudah diserahkan ke BPJS Kesehatan. Sisanya sementara dikumpulkan, paling lambat 10 Maret mendatang ditargetkan sudah rampung,” terang Supit.

Menurutnya, meski masih dalam proses pendataan dan belum mengantongi kartu BPJS Kesehatan, masyarakat yang menjadi target Jamkesda langsung mendapat pelayanan kesehatan di rumah sakit, bila sakit dan membutuhkan pengobatan.

“Sejak Januari lalu sudah ada pelayanan kesehatan bagi peserta Jamkesda seperti keluhan cuci darah dan gizi buruk. Sedangkan yang sakit tapi belum terdaftar sebagai peserta Jamkesda bisa langsung ke bagian Kesra dengan membawa surat rekomendasi dari Kumtua atau Lurah setempat, yang menerangkan bahwa yang bersangkutan dari keluarga kurang mampu,” terang Supit pula.

Sementara, untuk kuota Jamkesda di Minahasa mencapai 13.000 orang dan dibiayai langsung lewat APBD Minahasa 2014.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed