by

Perekrutan 30 Kelompok Peneriman Bantuan Sapi, Distanakbun Diminta Transparan

Ilustrasi: Bantuan sapi
Ilustrasi: Bantuan sapi

Minahasa – Perekrutan 30 kelompok penerima bantuan ternak Sapi dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut), yang dijanjikan Gubernur Sulut, Dr Sinyo Harry Sarundajang, untuk Kabupaten Minahasa, melalui Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (Distanakbun) Kabupaten Minahasa, saat pencanangan Minahasa Kabupaten cabe beberapa waktu lalu, diminta transparan.

Viktor Pondaag, warga Kecamatan Tondano Utara misalnya. Dirinya meminta Distanakbun Minahasa tidak pilih kasih dalam menentukan kelompok, tetapi benar-benar selektif agar tepat sasaran.

“Bantuan ini kan tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat, tapi kalau kelompoknya fiktif atau hanya orang-orang tertentu saja yang dekat dengan penguasa yang dapat, tentu tidak sesuai dengan visi Pak Bupati dan Wakil Bupati Minahasa yakni menuju masyarakat yang sejahtera dan bermartabat,” ujar Viktor yang turut diaminkan teman-temannya.

Menurutnya, dirinya sudah pernah mengusulkan proposal bantuan Tahun lalu dan Tahun-tahun sebelumnya, tapi tidak pernah terakomodir dengan alasan tidak lengkap. Dirinya khawatir bantuan dari Gubernur Tahun ini juga tak bisa didapatnya.

“Beberapa kali mengusulkan, tapi yang dapat hanya orang-orang tertentu,” keluhnya.

Terkait hal ini, Kepala Distanakbun Minahasa, Ir Revly A L Mambu, ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya tak pernah memberikan bantuan kepada kelompok fiktif atau hanya orang-orang tertentu saja melainkan selalu transparan, diumumkan dimasyarakat, selektif dan tepat sasaran.

“Ini kan sudah diumumkan langsung pak Gubernur di masyarakat, jadi mana mungkin tidak transparan dalam perekrutan kelompok. Asalkan kelompoknya jelas dan memenuhi syarat pasti bisa diakomodir sesuai kuota yang dijanjikan. Lagipula, bantuan tersebut kemungkinan akan menjadi bantuan Tahun 2015 mendatang. Tapi, kami akan mengkroscek lagi dengan Pemprov Sulut, yang pasti kelompoknya sementara kami kumpulkan,” ujar Mambu.

Sebelumnya, SHS berjanji siap memberikan bantuan sapi bagi 30 kelompok di Kabupaten Minahasa. SHS pun meminta Bupati Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, agar menyiapkan ke-30 kelompok tersebut secara selektif.

Masing-masing kelompok dijanjikan akan mendapat lima ekor sapi untuk diternak dan secara bergilir menikmati hasil bila telah dikembangbiakkan.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed