by

Polres Minut Redam Aksi Anarkis Massa Di KPU

Minut-Massa salah satu calon Bupati dan Wakil, Rabu (26/08/2015), tiba-tiba melakukan penyerangan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minut. Sejumlah fasilitas kantor KPU Minut dihancurkan massa, karena menduga ada kecurangan dalam tahapan Pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang sedang berlangsung.

Akibat amukan masa yang sulit dikendalikan, Polres Minut langsung menurunkan satu pleton pasukan pengendali masa (Dalmas) untuk mengamankan situasi di kantor KPU Minut, hingga akhirnya berhasil mengendalikan situasi, hingga massa membubarkan diri. Aksi ini merupakan simulasi sistem pengamanan kota dengan skenario pengamanan Pilkada tahun 2015.

Aksi pengamanan ditampilkan usai apel gelar pasukan Operasi Mantap Praja Minut 2015 di lapangan Polres Minut yang dipimpin langsung Kapolre Minut AKBP Eko Irianto SIK. Irianto menegaskan, Polri bersama instansi terkait siap memantapkan soliditas dan profesionalisme dalam rangka suksesnya pengamanan Pilkada serentak 2015 di wilayah hukum Polres Minut.

“Untuk itu, baik empat pasangan calon maupun masyarakat, kiranya dapat menjaga keamanan dan ketertiban selama tahapan Pilkada berlangsung,” tutur Irianto. Operasi Mantap Praja Minut akan digelar selama 150 hari. Dan dua per tiga kekuatan dari Polres Minut atau 250 anggota, akan dilibatkan di sejumlah titik tersebar di sepuluh kecamatan bekerjasama dengan TNI dan mitra Kamtibmas lainya.

“Tugas pokok dan tujuan dalam melaksanakan Operasi Mantap Praja Minut 2015, adalah menjamin keamanan dengan mengutamakan kegiatan pencegahan dengan didukung kegiatan intelejen, pengendalian massa dan penegakan hukum sehingga tercipta suasana yang kondusif selama Pilkada berlangsung nanti,” tutup Irianto.(ecanamangge)

Comment

Leave a Reply

News Feed