by

Rangkaian HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-76 di Minahasa Berjalan Sukses

Minahasa – Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada pengibaran Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan Repoblik Indonesia (RI) ke-76, yang di laksanakan di Lapangan Manguni Sasaran Tondano, (17/08) pagi, pukul 08.00 WITA.

Puncak perayaan HUT tahun ini sendiri dirayakan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Peserta hanya 30 orang dari unsur TNI dan Polri serta Aparatur Sipil Negara, kemudian undangan yang hadir juga dibatasi karena protokol kesehatan COVID-19.

Pada momentum kali ini, hanya pengibaran Bendera Merah Putih, Mengheningkan Cipta bagi arwah para Pahlawan Bangsa, membacakan Teks Pancasila, serta pembacaan Pembukaan Undang-undang Dasar Negara RI tahun 1945 dan Doa Syukur, sedangkan pembacaan Teks Proklamasi dan Detik-detik Proklamasi dilakukan secara nasional dari Istana Negara dan disaksikan oleh Bupati dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM, seluruh Forkopimda Minahasa, serta seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, dari rumah masing-masing, yang dimulai pada pukul 10.40 WITA.

Untuk Detik-detik Proklamasi sendiri, berlangsung pukul 10.57 WITA dan serentak secara nasional, dimana lonceng gereja di seluruh Kabupaten Minahasa dibunyikan bersama selama tiga menit, dan seluruh masyarakat berdiri sikap sempurna dimana saja berada.

Adapun bertindak sebagai Komandan Upacara pada penaikan bendera yakni Kapten Inf Wempridson Halebar, Komandan Pasukan Peltu Jansen Siahaan, Pengerek Bendera Stevanus Kaseger, Mark Jakobis dan Irving Soeparman serta Pembawa Baki Prayshe Polii.

Usai upacara pengibaran bendera, dilanjutkan dengan upacara ziarah ke makam Pahlawan Dr GSSJ Ratulangi, dengan bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa. Selanjutnya, Bupati ROR dan Wabup RD bersama seluruh jajaran mengikuti upacara pengibaran Bendera Merah Putih secara live streaming dari Istana Negara, di rumah masing-masing.

Turut hadir dalam acara ini, Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw SE, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Nova Sasube SH MH, Kapolres Minahasa AKBP Tommy Bambang Souissa SIK, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Andy Sinaga, Kepala Kejari Minahasa Dicky Oktavia SH MH, Kepala Lapas Kelas IIb Tondano Mulyoko SH, Kepala Kantor Kementrian Agama Minahasa Sonya Mongkau, Ketua TP PKK Minahasa Fenny Ch M Roring-Lumanauw, Wakil Ketua TP-PKK Martina Dondokambey-Lengkong, Wakil Ketua DPRD Okstesi Prisilia Runtu SH MSi, Kepala Pos Jaga Angkatan Laut Atep Oki Sekda Frits R Muntu SSos, Asisten I Dr Denny Mangala MSi, Asisten II Ir Wenny Talumewo MSi, Asisten III Dr Christian Vicky Tanor SPi MSi, Ketua KNPI Minahasa Rifki Roring, Ketua IWWM Karlina Roring, perwakilan PWRI dan Veteran, serta tamu undangan lainnya.

Bupati ROR Usai upacara ziarah mengatakan, dia bersama Wakil Bupati dan Forkopimda Minahasa atas nama pemerintah dan rakyat Minahasa mensyukuri berkat Tuhan di tengah-tengah pandemi ini. “Kita bersyukur masih boleh melaksanakan dan memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan RI dengan khusuk, dengan berbagai kegiatan. Tapi memang, kali ini agak lain dari biasanya dimana kehadiran yang sangat minim karena memang dibatasi, tapi bukan berarti tidak hadir dan tidak mengikuti, melainkan mereka mengikuti lewat live streaming dari rumah. Kita bersyukur semua bisa berjalan dengan baik,” kata Bupati.

Sementara, sore harinya, giliran Wabup RD bertindak sebagai Irup pada penurunan Bendera Merah Putih, yang dilaksanakan mulai pukul 17.00 WITA. Seperti saat pengibaran, upacara penurunan bendera juga dilakukan dengan prokes ketat, dimana jumlah kehadiran juga dibatasi. Usai itu, kembali lagi mengikuti live streaming penurunan bendera dari Istana Negara.

Sementara, pada pagi hari pukul 06.00 WITA, telah dilakukan terlebih dahulu upacara pemberian remisi kepada narapidana, yang dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIb Tondano. Sedangkan, pada malam sehari sebelumnya, yakni Senin (16/08) pukul 23.00, dilakukan juga Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan, Kelurahan Rinegetan Kecamatan Tondano Barat.

Sebagai Komandan Upacara pada penurunan bendera yakni, IPTU I Putu Kusuma, Komandan Pasukan IPDA M Syarif Subarka, Penggerek Bendera Stevanus Kaseger, Mark Jakobis dan Mirakle Sumampow, serta Pembawa Baki Sore Citra Mare.(advetorial)

Comment

Leave a Reply

News Feed