by

Robert Blake Ajak Pelajar di Sulut Kuliah di Negeri Paman Sam

Minut – Kunjungan Dubes AS untuk RI Robert O Blake Jr  ternyata membawa dampak yang baik bagi para pelajar untuk jangka waktu panjang .

Seperti ungkapan, Presiden Amerika Barrack Obama yang akan membuat sebuah program untuk melatih 500 calon pemimpin dunia dari Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

“Program Obama tujuannya meningkatkan ketrampilan kepemimpinan pemuda di Asia Tenggara. Program ini akan diekspansi secara signifikan. Membawa 500 pemimpin luar biasa dari Asia Tenggara ke Amerika tiap tahunnya,” ungkap Blake yang didampingi Konsul Jenderal Amerika Serikat di Surabaya, Joaquin F Monserrate dalam pertemuan dengan mahasiswa dan dosen di Universitas Klabat (Unklab) Airmadidi, Kamis (08/01)

Dijelaskan Blake, pemerintah Obama akan membantu pemuda di Asia Tenggara meningkatkan profesionalisme di berbagai bidang. Lanjut dia, hal itu sangat penting mengingat 65 persen dari total populasi di Asia Tenggara di bawah 50 tahun.

“Kami berharap ada generasi muda dari Indonesia. Dari Sulawesi Utara yang bisa mengkuti program ini,” papar Blake.

Dalam kesempatan itu, Dubes juga mengungkapkan, pentingnya kolaborasi antara Indonesia dan Amerika dalam berbagai hal terutama dalam bidang pendidikan.

“Sangat penting kolaborasi antara Indonesia dan Amerika. Ini penting bagi anda, dan penting bagi kami karena Obama ingin mendukung progran Jokowi. Dua Negara ini adalah mitra yang komprehensif dalam bidang yang sangat luas. Tapi di banyak bidang itu didasari kerjasama yang kuat di bidang pendidikan,” papar Blake.

Dalam pertemuan yang dipandu langsung Rektor Unklab, Amelius Tommy Mambu MA PhD itu, Blake juga mengajak mahasiswa Unklab untuk bisa melanjutkan studi di Amerika.

“Ada lima ribu perguruan tinggi berkualitas yang siap menampung mahasiswa dari berbagai penjuru dunia. Saya berharap ada dari Indonesia, termasuk dari Unklab,” pungkas Blake.(Ay)

Comment

Leave a Reply

News Feed