by

ROR-RD, Kandouw dan Muntu Buka Soal US Serentak di Sejumlah Sekolah di Minahasa

Minahasa – Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM serta Sekretaris Daerah Minahasa Frits Robert Muntu SSos, membuka soal Ujian Sekolah (US) secara serentak di sejumlah Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Minahasa, Senin (09/05) pagi.

Bupati ROR membuka soal US secara serentak di SMP Negeri I Tondano, Wabup RD membuka soal secara serentak di SMP Negeri 4 Tondano, Ketua DPRD Minahasa Glady Kandouw SE di SD Negeri 4 Tondano dan Sekda Muntu membuka soal secara serentak di SD Negeri 8 Tondano.

Usai membuka soal US, Bupati dalam sambutannya berharap, seluruh siswa siswi yang mengikuti US ini bisa sampai selesai hingga hari terakhir. “Kita berharap, mereka selalu diberikan kesehatan dan kemampuan agar mereka bisa mengikuti US ini sampai akhir,” ujar Bupati.

Kata Bupati, pada US ini anak didik diperhadapkan dengan pandemi COVID-19. Dan para murid baru beberapa waktu mengadakan tatap muka dan tak berselang lama langsung mengadakan US.

“Kita melewati masa-masa sukar termasuk bagi guru dan murid. Pembelajaran online kita memang banyak kesulitan, baik dari sisi peralatan dan lainnya. Namun, meski terbatas, hari ini kita sudah bisa mengadakan US. Saya berharap, kita semua bersama mensukseskan US ini, baik orang tua, guru, pengawas, murid dan semua yang terlibat,” tukasnya.

“Kepada anak-anak agar tetap jaga prokes meski jumlah terkonfirmasi positif menurun drastis dan menjaga kesehatan, untuk orang tua jaga anak agar tetap dalam kondisi sehat supaya mereka terus mengikuti ujian. Kami berharap ini semua bisa berjalan lancar sampai selesai,” pungkasnya.

Kedatangan Bupati ROR di SMP Negeri I Tondano sendiri didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Drs Riviva Maringka MSi, Staf Ahli John Kapoh, Kepala Dinas Pendidikan Tommy Wuwungan SPd, Kabag Prokopim Johhny Tendean AP MAP, Camat Tondano Timur Thelma Torar dan disambut Kepala SMP Negeri I Tondano, Meily Paoki SPd MPd.

Kepsek Meily Paoki ketika diwawancarai mengatakan, pelaksanaan US di sekolahnya berjumlah diikuti 281 siswa, terdiri dari 146 laki-laki dan 135 perempuan, dan terbagi di 15 ruangan.

Di SMP Negeri 4 Tondano, Wabup RD yang didampingi
Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan Sekdakab Minahasa Ir Wenny Talumewo MSi, Staf Ahli Teddy Sumual, Sekdis Pendidikan Hendrik Tompodung dan Camat Tondano Utara Dra Jenie Sangari
disambut Kepala Sekolah Ricky Pakasi SPd MAP.

“Disini ada 191 siswa siswi yang mengikuti US, terdiri dari 101 laki-laki dan 90 perempuan. Terbagi di 10 ruangan. Ada dua siswa yang kami jemput langsung di rumah karena tidak datang, yang pada akhirnya bisa juga mengikuti US,” kata Pakasi.

Di SD Negeri 8 Tondano, Sekda Muntu disambut Kepala Sekolah Jeannete Rawung STeol. Di sekolah ini, ada 49 siswa siswi peserta US. Sedangkan di SD Negeri 4 Tondano, Ketua Glady Kandouw didampingi Staf Ahli Arthur Palilingan, disambut Kepala Sekolah Dra Henie Walangitan MPd. Di sekolah ada 61 siswa siswi yang mengikuti US.

Sementara, untuk peserta US SD dan SMP di Minahasa berjumlah 8.668 siswa siswi. Untuk SD sebanyak 4.330 siswa, terdiri dari 2.203 laki-laki dan 2.127 perempuan. Sedangkan SMP sebanyak 4.338, terdiri dari 2.289 laki-laki dan 2.049 perempuan. Sedangkan SD yang melaksanakan US sebanyak 335 dari 341 sekolah dan SMP sebanyak 103 dari 104 sekolah.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed