by

SHS Buka Puasa Bersama Warga Jaton Minahasa

Minahasa – Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) DR Sinyo Harry Sarundajang (SHS), Kamis (18/07), sekitar pukul 18.00 Wita, berkesempatan berbuka puasa bersama warga Kelurahan Kampung Jawa Kecamatan Tondano Utara, dalam rangkaian kegiatan Safari Ramadhan 1434 H Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa.


Kepada warga Kampung Jawa, yang lebih dikenal dengan istilah Jawa Tondano (Jaton), SHS mengagumi sikap warga Jaton yang telah berupaya hidup rukun dan damai berdampingan dengan umat kristiani yang ada di Kota Tondano dan Minahasa pada umumnya.


“Pada Bulan puasa ini, iman kita diuji dengan berbagai godaan, tapi saya meyakini bahwa saudara-saudara kita umat Muslim di Jaton ini mampu melewati bulan ini dengan baik dan penuh kemenangan,” ujar SHS.


Dikatakan SHS pula, kerukunan umat beragama di Sulut, selama ini tercipta dengan baik, hal tersebut tak lepas dari peran semua warga Jaton di Minahasa, dimana warganya saling hormat-menghormati atas perbedaan keyakinan.


“Toleransi umat beragama adalah hal yang sangat penting untuk terus dibangun dan dijaga, teruslah membangun tali silahturahmi dengan umat lain sebagai transformasi kerukunan,” pinta SHS.


Sementara, Bupati Minahasa, Drs Jantje Wowiling Sajow (JWS), yang turut hadir mendampingi Gubernur mengatakan, kerukanan umat Islam di Minahasa patut di acungi jempol.


“Kampung Jawa adalah wujud kerukunan antar umat beragama di Minahasa, dengan adanya sekitar 15 ribu umat Muslim di Kampung Jawa ini, mereka mampu hidup bersanding satu dengan yang lainnya selama puluhan, dengan mampu menjaga stabilitas kehidupannya,” ujar JWS. 


Dalam acara ini pula, baik Pemprov Sulu maupun Pemkab Minahasa, menyerahkan bantuan berupa 200 Kilogram gula pasir, Alqur’an serta 30 paket sembako.


Turut hadir dalam acara Safari Ramadhan ini, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sulut dan Kabupaten Minahasa, para pejabat di lingkup Pemkab Minahasa dan seluruh undangan.

 

Comment

Leave a Reply

News Feed