by

Sinergitas Polda dan PWI Sulut, Kapolda Mulyatno: Mari Dukung Program Pemerintah

Manado – Pengurus Harian Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Sulawesi Utara, berkesempatan melakukan audiensi dengan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Utara (Sulut) Irjen Pol Mulyatno, Kamis (20/01) pagi.

Kehadiran Pengurus Harian PWI Sulut yang dipimpin langsung Drs Voucke Lontaan, didampingi Sekretaris Merson Simbolon, Bendahara Margaretha Lumanauw, Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan Adrianus R Pusungnaung, serta Wakil Ketua Bidang Pendidikan Fernando R Lumanauw ini disambut baik dan hangat oleh orang nomor satu di Polda Sulut tersebut di ruang kerjanya.

Dalam audiensi tersebut, Kapolda Mulyatno yang kala itu didampingi Irwasda, Karoops, Dirbinmas dan Kabid Humas Polda Sulut Kombespol J Abast mengajak PWI Sulut agar terus menjalin sinergitas yang positif dengan Polda Sulut, utamanya dalam mendukung program-program pembangunan Pemerintah Daerah.

“Saya menyambut baik kunjungan Pengurus PWI Sulut ini. Karena kunjungan ini merupakan salah satu penjabaran dari 12 Program Prioritas saya sebagai Kapolda yakni, Membangun Kerjasama Penta Helix, dalam rangka mendukung program-program Pemerintah,” kata Kapolda.

Dijelaskan Mulyatno, kerjasama Penta Helix atau multi pihak merupakan pola kolaborasi yang melibatkan pemerintah, media, komunitas, bisnis, dan akademisi.

“Kita ingin sekali antara Pemerintah, TNI, Polri maupun instansi terkait lainnya bersama media, komunitas atau masyarakat, akademisi dan pelaku bisnis untuk menggelorakan sekaligus mendukung pembangunan nasional, termasuk yang dilaksanakan di daerah,” ujarnya.

Lanjut Irjen Pol Mulyatno, pihak media bagi Polda Sulut dan jajaran bukan hanya sebagai mitra kerja saja, namun juga bisa menjadi kontrol sosial khususnya terhadap pelaksanaan tugas-tugas Polri di lapangan.

“Artinya rekan-rekan media juga bisa memberikan koreksi, saran, dan masukan atas kinerja kepolisian. Saya tidak bisa melihat langsung kinerja di satuan kewilayahan, tetapi media pasti punya koresponden atau kontributor di wilayah-wilayah dan bisa memberi masukan untuk kami, sehingga pelaksanaan tugas-tugas kepolisian bisa lebih optimal,” pintanya.

Sementara itu Ketua PWI Sulut Voucke Lontaan, menghaturkan terima kasih atas sambutan hangat Kapolda Sulut beserta para Pejabat Utama dalam kunjungan audiensi ini.

“Maksud kedatangan kami ini untuk bersilaturahmi dengan Pak Kapolda Sulut dan juga para Pejabat Utama, untuk meningkatkan sinergitas dan kemitraan antara Polri dengan media,” tutur Voucke Lontaan, sembari memperkenalkan beberapa Pengurus PWI Sulut hadir dalam kunjungan ini.

Pihaknya pun mengapresiasi kinerja Polda Sulut dan jajaran dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat, yang selama ini berjalan dengan baik.

“Kedatangan kami ini juga untuk menjelaskan rencana kegiatan memperingati Hari Pers Nasional (HPN), Februari mendatang, yang dipusatkan di Sulawesi Tenggara,” terangnya.

Terkait HPN, sambung Voucke Lontaan, juga akan digelar peringatan di Manado, dalam bentuk berbagai kegiatan.

“Di antaranya, bakti sosial, donor darah, bersih-bersih pantai, Uji Kompetensi Wartawan (UKW), dan Focus Group Discussion (FGD). Untuk kegiatan-kegiatan tersebut kami juga mengharapkan kerjasama dengan Polda Sulut dan jajaran,” kunci Voucke Lontaan.

Menanggapi rencana kegiatan tersebut, Irjen Pol Mulyatno pun menyatakan siap mendukung dan bekerjasama.

“Polda Sulut dan jajaran siap mendukung kegiatan-kegiatan PWI, termasuk dalam peringatan HPN nanti, sehingga bisa berjalan dengan baik dan sukses,” pungkas Irjen Pol Mulyatno.

Audiensi tersebut dirangkaikan dengan diskusi ringan seputar dunia jurnalistik, dan ditutup dengan sesi foto bersama.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed