by

Tanor: Penertiban Pedagang Pasar Merupakan Program Lama

Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan Kabupaten Minahasa, Christian Vicky Tanor SPi MSi
Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan Kabupaten Minahasa, Christian Vicky Tanor SPi MSi

Minahasa – Sekian lama terlihat kumuh, penataan Pasar Tondano kini terlihat rapi dan nyaman, hal ini menyusul dilakukannya penertiban pasar oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol-PP) bekerja sama dengan Dinas Pasar dan Kebersihan (DPK) Kabupaten Minahasa, beberapa waktu lalu.

Menjadikan pasar terlihat seperti sekarang ini, menurut Kepala DPK Minahasa, DR Christian Vicky Tanor MSi, bukanlah gampang.

Menurutnya, melakukan penertiban bagi pedagang agar tidak menimbulkan konflik, merupakan bahan yang menjadi kajian pihaknya selama ini, hingga akhirnya bisa berjalan lancar.

“Pasar Tondano menjadi pasar pertama ditertibkan dan selanjutnya akan dilakukan di delapan pasar lainnya. Ini program lama, tapi memang butuh perencanaan matang agar tidak ada kendala di lapangan. Salah satunya adalah sosialisasi dan pendekatan dengan pedagang. Karena ini berkaitan dengan orang banyak maka ini wajib dilakukan untuk kepentingan dan kesejahteraan bersama,” ujar Tanor.

Tak hanya menertibkan, menurut Tanor pula, pihaknya kini terus berupaya melakukan penambahan fasilitas pasar meski secara keseluruhan belum maksimal.

“Penertiban ini dibarengi dengan penambahan pembangunan infrastruktur pasar. Beberapa fasilitas telah dibuat dan masih akan diupayakan untuk ditambah agar lebih memadai, termasuk penataan jalur sirkulasi kendaraan diseputar pasar. Untuk itu, mohon dukungan semua pihak agar pasar ini tetap rapi tidak hanya sementara saja,” tandasnya.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed