Upaya Pemkab Tekan Penyebaran COVID-19 di Minahasa Membuahkan Hasil

Minahasa – Upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dalam menekan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Minahasa, membuahkan hasil. Hal ini dibuktikan dengan angka terjangkit dan jumlah penderita yang menurun drastis.

Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Dr Denny Mangala MSi mengatakan, dalam dua pekan terakhir pasien positif COVID-19 menurun drastis, bahkan beberapa hari terakhir tidak ada kasus.

“Dari data yang kita punya, penyebaran COVID-19 di Minahasa menurun drastis, sementara jumlah pasien terkonfirmasi positif yang sembuh meningkat. Sudah mencapai 94.7 persen atau 1.728 pasien dari total yang terkonfirmasi positif sebanyak 1.824,” terang Mangala.

Sementara, untuk pasien yang dirawat di Rumah Sakit, kata Mangala, menurun cukup signifikan. “Akhir Januari lalu, ada 217 pasien yang dirawat, sedangkan pada tanggal 4 Maret, tinggal 17 orang. Ini berarti, penyebaran COVID-19 di Minahasa semakin menurun dengan adanya upaya dari seluruh stakeholder terkait yang terlibat, dalam upaya menekan penyebaran virus ini seperti, Polres Minahasa, Kodim 1302 Minahasa, Satpol PP Minahasa dan para relawan lainnya,” ujar Mangala.

Namun demikian, dirinya mengingatkan kepada seluruh masyarakat Minahasa agar jangan lengah atau terlena dengan adanya penurunan angka penyebaran COVID-19 ini. Menurutnya, masyarakat di Minahasa harus tetap mematuhi anjuran Pemerintah untuk menerapkan 5 M dalam setiap aktivitasnya, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” tukasnya.

Sementara, terkait program vaksinasi di Kabupaten Minahasa, Mangala menyebut bahwa hal tersebut tetap dipacu Pemkab Minahasa.

“Vaksinasi di Minahasa sementara berjalan dan kita ada ketambahan 1.000 vaksin lagi. Sesuai rencana, vaksinasi selanjutnya akan fokus pada pedagang di pasar, tokoh agama dan ASN yang sehari harinya berhadapan dengan pelayanan publik,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply