by

Wabup RD Lepas 200 Anak Penyu di Pantai Timur Minahasa

Minahasa – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Minahasa ke-593, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi MM melepas 200 ekor anak Penyu atau Tukik, di Pantai Timur Minahasa, di Desa Atep Oki Kecamatan Lembean Timur, Sabtu (20/11) siang.

Wabup RD mengatakan bahwa, pelepasan anak Penyu dengan jenis Penyu Hijau, Penyu Sisik dan Penyu Lekang di Pantai Timur ini, baru pertama kali dilakukan pihaknya, sehingga menjadi suatu kebanggaan dan perlu mendapat perhatian khusus.

“Kita tau bersama bahwa ekosistem laut yang ada di Pantai Timur Minahasa ekosistem didalamnya seperti Penyu pada jaman dulu sangat banyak, nah kita lestarikan lagi dengan membantu membentuk kembali ekosistem yang ada agar terbangun lagi. Saya mengajak masyarakat mendukung program ini dan ikut melestarikan,” ujarnya.

Pelepasan Penyu ini menurutnya tak hanya dilakukan kali ini saja, melainkan secara berkelanjutan. Dikatakannya, pihaknya melalui Dinas Kelautan Perikanan akan membuat penangkaran khusus Penyu, yang nantinya secara berkala akan dilepas ke laut.

“Kegiatan ini akan dilakukan secara berkesinambungan. Tak hanya di Pantai Timur saja, tapi kita juga berencana akan lakukan ini di Pantai Barat Minahasa,” pungkasnya.

Kegiatan yang terselenggara atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Minahasa, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia Kabupaten Minahasa, Kelompok Tani Nelayan Andalan dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini, turut juga dihadiri Wakil Ketua TP-PKK Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong, Asisten II Sekdakab Minahasa Ir Wenny Talumewo MSi, Kepala Dinas Kelautan Perikanan Ir Lendy Aruperes, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Jefry Tangkulung SH MAP, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Nofry Lontaan ST, Camat Kakas Jeane A Sumendap, Camat Kakas Barat Veky Rombot SPt dan Lembean Timur James F Limpele SSos, Sekretaris HSNI Minahasa Tito Manopo, serta Pengurus HNSI Kabupaten Minahasa.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed