by

100 Hektare Hangus, Lokon tak Hijau Lagi

Walikota Jimmy Eman saat mendampingi Pejabat Gubernur Ir Sonny Sumarsono di lokasi kebakaran Gunung Lokon (Foto:ist)
Walikota Jimmy Eman saat mendampingi Pejabat Gubernur Ir Sonny Sumarsono di lokasi kebakaran Gunung Lokon (Foto:ist)
Tomohon – Pasca kebakaran, Rabu (23/09/2015) lalu, tampilan Gunung Lokon kini tak hijau lagi. Terlihat dari bawah kaki Lokon, lereng Lokon sudah terlihat berwarna gelap, mengarah dari bawah hingga ke puncak gunung berapi ini.

Dari informasi yang diberikan Kadis Kehutanan Kota Tomohon, Ir Fereeydi Kaligis, pihaknya memperkirakan sekitar 100 hektar lahan yang sudah terbakar.

“Wilayah yang sudah terkena dampak kebakaran yakni lereng lokon di Kelurahan Kakaskasen, Kayawu, Walian sampai Tara Tara. Perkiraannya sudah 100 haktare lebih,” ujarnya.

Untuk meminimalizir penyebaran api, sudah dibuat ‘barikade’ atau berupa galian tanah berbentuk parit untuk membatasi api menjalar ke pemukiman penduduk.

“Kalau api yang menjalar ke arah puncak tak bisa dijangkau dengan mobil pemadam kebakaran. Safety untuk petugas pun tak bisa dijamin. Jadi kita semua berharap dengan kekuatan alam sendiri bisa memadamkan kecepatan api,” tukas Kaligis.

Terpisah, Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak menegaskan Pemkot Tomohon akan segera melakukan reboisasi (penghijauan) di Gunung Lokon.

“Pemkot segera mendata berapa besar lahan yang terbakar untuk secepatnya akan dilakukan reboisasi. Kerena jika hutan Lokon gundul akan mempengaruhi keseimbangan alam,” ujar Walikota yang dikenal ramah dan dekat dengan warganya ini.

Sementara itu Pejabat Gubernur Sulut, Dr Ir Sonny Sumarsono saat melakukan kunjungan, Kamis (24/09/2015) menuturkan, Pemprov Sulut akan mendata jumlah lahan yang terbakar keseluruhan di Sulut, termasuk Lokon untuk selanjutnya akan diberi bantuan untuk direvitalisasi kembali.

“Kita akan melakukan rapat koordinasi dengan semua kabupaten/kota untuk meminimalizir kebakatan hutan ini agar penangananya tepat,” tukas Sumarsono. (maria)

Comment

Leave a Reply

News Feed